Iklan

Iklan

Setelah K.H. Muhyidin, Bupati Subang Usulkan Ama Poeradiredja Sebagai Pahlawan Nasional

18 Des 2020, 05:24 WIB Last Updated 2020-12-18T13:03:37Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Bertempat Di Gedung Aula Graha Betha Wiguna Subang, Bupati Subang Kang Jimat menghadiri sekaligus membuka acara Seminar Nasional Pengusulan Alm. R. Oetje Poeradiredja sebagai Pahlawan Nasional. Kamis (17/12/2020).

Seminar Nasional Pengusulan Alm. R. Oetje Poeradiredja sebagai pahlawan nasional ini turut serta dihadiri pula oleh :
⁃Anggota DPR RI, H. Mukhlis Basri
⁃Kasubdit K2KS Direktorat K2KRS Ditjen
⁃ASDA 1 SETDA provinsi JABAR selaku ketua TP2GD jawa barat ibu Dr. ir. Dewi Sartika
⁃Bupati lampung barat bapak H. Parosil Mabsus
⁃Sekda kabupaten Karawang bapak Drs. H. Acep Jamhuri M.Si
⁃Prof. Dr. Nina Herlina M.Si
⁃Para Asda Setda kabupaten Subang
⁃Para kepala OPD Subang
⁃Para pengurus LURI
⁃Dan juga Keluarga Alm. R. Oetje Poeradiredja
Serta pembicara Seminar :
⁃Prof. Dr. Nina Herlina M.Si dari Universitas Padjajaran Bandung.

Pada kesempatan kali ini Kang Jimat memberikan sambutan pembukaan yang menyampaikan penghormatannya terhadap Alm. R. Oetje Poeradiredja yang mengusung semangat Gotong Royong pada masa melawan penjajahan di Subang yang sesuai dengan motto Kabupaten Subang yang selalu Gotong Royong menjadi Subang Jawara. Dan juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu khususnya kepada Prof. Dr. Nina Herlina M.Si untuk mengusulkan Alm. R. Oetje Peoradiredja sebagai pahlawan nasional yang berasal dari Kabupaten Subang.

Pada momen ini pun, Kang Jimat menerima buku SUBANG DARI MASA KE MASA karya Ibu Prof. Dr. Nina Herlina M.Si yang juga diluncurkan untuk umum. Buku ini tentang informasi secara menyeluruh untuk masyarakat terkait Subang dan sejarahnya.

Acara seminar ini diharapkan menjadikan generasi muda untuk mengingat, menghargai dan belajar dari tokoh pahlawan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Pada bulan januari saya sudah mengusulkan dua tokohsubang sebagai pahlawan nasional yaitu KH. Muhyidin dan raden Ama Puradireja. Allhamdulilah KH Muhyidin sudah di tetapkan sebagai pahlawan Nasional. Semoga raden Puradireja bisa di tetapkan sebagai pahlawan nasional yang berasal dari Subang. Mengingat betapa besar jasa dua tokoh tersebut untuk subang dan ikut berjuang untuk kemerdekaan republik Indonesia. 


Dalam buku Api Sejarah II di tuliskan bahwa Raden Ama Puradireja merupakan pemimpin laskar pencak silat dari segalaherang. Laskar pencak silat  tersebut berperan  dalam perjuangan perang kemerdekaan pasukan Ama Puradireja diantaranya pernah melakukan penyergapan tehadap konvoi tentara sekutu yang menyebabkan tentara sekutu inggris  gurka dan nika kocar kacir.

Kita akui bersama bahwa penobatan gelar pahlawan nasional bagi Raden Ama Puradireja sudah sangat layak mengingat perjuangan beliau sudah tidak di ragukan lagi dalam mendukung Kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan selanjutnya di lanjutkan dengan seminar dengan pembicara  Prof Dr. Nina Herlina, M.S ( Universitas Padjadjaran) , Dr. Abdul Syukur ( Universitas Negeri Jakarta ), Dr.  Agus Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia),  Dr. Wawan Darmawan ( Universitas Pendidikan Indonesia), Agus Salide, S.H., M.H ( STH Bandung).


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Setelah K.H. Muhyidin, Bupati Subang Usulkan Ama Poeradiredja Sebagai Pahlawan Nasional

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->