Iklan

Iklan

P3DTPQ Gelar Bimbingan Teknis Persiapan Akreditasi

klikindonesia
12 Okt 2021, 20:30 WIB Last Updated 2021-10-12T13:30:50Z

Cianjur Jurnal 5//- Penyelenggaraan Pemberdayaan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Dan Pendidikan Al-Qur'an ( P3DTPQ ) Kabupaten Cianjur Melakukan Bimbingan Teknis Persiapan Menjelang Akreditasi , Salah satu yang dilakukan adalah Madrasah Diniyah yaitu menerima visitasi dari (P3DTPQ) Cabang Cianjur.

Visitasi P3DTPQ ini dilakukan dalam rangka persiapan akreditasi Madrasah Diniyah oleh Badan Akreditasi Provinsi pada tahun 2021 mendatang. Proses visitasi ini untuk mengetahui potensi dan kekurangan dari setiap diniyah untuk dipilih beberapa diniyah yang akan direkomendasikan untuk diakreditasi. Sabtu (09/10/2021)


Dr. H Rudi Ahmad S, M.Ag, Selaku Ketua Panitia Kegiatan Menjelaskan Bahwa Dalam Kegiatan Bimbingan teknis itu ada beberapa tahapan Yang akan kami lakukan untuk sampai kepada Proses Visitasi terkait akreditasi DTA dan TPQ, hari ini kita melaati 64 Lembaga Untuk Memahami Instrumen Evaluasi diri dan bukti pisik harus kita persiapkan ketika melakukan proses kegiatan di lapangan, setelah tahapan tersebut semua lembaga yang menjadi sasaran harus mengisi evadir sesuai petunjuk yang sudah dibuat dan mengirimkannya kepada tim teknis akreditasi untuk di pindai ulang Scaning dokumen terhadap kelengkapan kelengkapan data yang masuk pada evadir dan setelah itu kami melakukan penugasan Asesor untuk melakukan Visitasi. "Jelasnya.

Rudi Berharap ini menjadi sebuah hal yang perlu dilakukan istilah Kolaboratif dengan semua pihak baik di P3DTPQ maupun di madrasah sasaran masing-masing untuk Sama-sama saling membahu dalam kerangka tugas masing-masing tentunya untuk meningkatkan mutu Pendidikan keagamaan yang ada di kabupaten Cianjur.

Dan ini tentu sesuai dengan Perbup No 57 tahun 2020 tentang P3DTPQ yang salah satu syarat pentingnya yaitu Memiliki kewenangan untuk melakukan Akreditasi terhadap lembaga pendidikan keagamaan di kabupaten Cianjur dan kedepannya tahap demi tahap dalam rangka meningkatkan indeks pembangunan masyarakat kabupaten Cianjur yang berbasis pada desain dan lingkungan pendidikan ke agamaan.

Untuk jumlah MDTA di kabupaten Cianjur lanjut Rudi, setelah melakukan proses pendataan ulang itu berjumlah sekitar 4.300 dan TPQ itu kurang lebih 900 Lebih jadi masih banyak yang perlu kita dorong Untuk melakukan pemetaan ulang sehingga dalam kepemimpinan tim teknis P3DTPQ Sampai 2026 tahap demi tahap Semua lembaga itu dapat terakreditasi Juga dapat di petakan Dalam kerangka mutu yang ada.


Tujuan utama dari akreditasi ini untuk menguji kelayakan di negaraan itu tentunya harus barbasis Mutu, komponen-komponen yang ada dekesi juga di sesuaikan dengan  standar-standar Nasional Juga kekhususan dalam arti mengakomodasi kekhususan lembaga dalam kerangka memenuhi standar  nasional.(Budi Panca) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • P3DTPQ Gelar Bimbingan Teknis Persiapan Akreditasi

Terkini

Iklan

Close x