Iklan

Iklan

Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat Kunjungi Desa Sindangwangi Maju meningkat Mandiri

klikindonesia
25 Jan 2023, 22:40 WIB Last Updated 2023-01-27T11:46:22Z


Majalengka, Net9.com -  Sebagai upaya untuk menggali informasi terkait dengan beberapa Desa maju meningkat menjadi desa Mandiri, khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat. 


Sekretaris Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat Sadar Muslihat SH, dari Fraksi PKS didampingi Ahab Silihadudin dari Fraksi PKS dan Raden Tedi dari Fraksi PAN DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan dibeberapa desa di Kabupaten, Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Salah satunya di Desa Sindangwangi, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Rabu (25/01/2023). 



Dalam kunjungan tersebut bertempat di Balai Desa Sindangwangi turut dihadiri oleh  Kepala Desa Sindangwangi Dadan, DPMDesa, Camat Sindangwangi, Pendamping Desa, dan Kasi Trantib SatPol PP serta Tokoh masyarakat setempat. 


Sekretaris Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat Sadar Muslihat, SH. Mengatakan, kegiatan kunjungan ke Desa maju meningkat menjadi desa Mandiri, seperti desa Maju Sindangwangi ini dengan menghadirkan DPMDesa. karena, Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat adalah mitra kerja DPMDesa. 

"Setelah kami mendapatkan laporan bahwa di Jawa Barat ini tidak ada lagi Desa yang tertinggal dan ditahun 2023 ini ada beberapa desa kini meningkat dari desa Maju menjadi desa Mandiri," Ungkapnya. 


Lebih lanjutnya, Sadar menjelaskan, untuk itulah kami datang terjun langsung ke desa - desa, khususnya bagi desa Maju menjadi desa Mandiri, kami datang untuk membuktikan peran unsur pemerintahan desa dalam pengembangan konsep Desa Maju menjadi Desa Mandiri. 

Pada intinya kami melakukan kunjungan ke desa Sindangwangi ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan  program-program yang turun dari anggaran Provinsi Jawa Barat, seperti apa dan bagai mana tehnik pelaksanaannya," Katanya. 


Menurutnya, Jadi kami datang ke desa ini ingin melihat sebagai fungsi pengawasan dan pelaksanaan program desa. Kami ingin mendengar langsung dari pemerintahan desa tentang bagaimana menjadi desa maju meningkat menjadi Mandiri dan sekaligus juga kami datang ini untuk menampung beberapa aspirasi secara langsung dengan kebutuhan masyakat desa, yang nantinya untuk bahan anggaran ditahun berikutnya. 

Seperti contohnya di desa Sindangwangi ini masih banyak kebutuhan masyarakat dan yang dikeluhkan masyarakat desa Sindangwangi adalah kebutuhan Air bersih, Insfrstuktur, dan layanan kesehatan, seperti yang diungkapkan oleh salah satu tokoh masyarakat. 

Gubernur  Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjanjikan untuk memberikan bantuan sebuah Mobil Maskara kepada desa - desa yang dari maju  hingga meningkat menjadi Desa Mandiri. 

" Jadi desa Mandiri itu harus bisa meningkatkan banding lurus dengan masyarakatnya, sehingga APBDesnya dapat menjawab kebutuhan masyarakat desanya, pungkasnya. 


Sementara itu, Kepala Desa Sindangwangi Dadan mengatakan, Dengan adanya kunjungan dewan Provinsi ini merupakan kebahagiaan dan suatu kehormatan bagi pemerintah desa Sindangwangi, sehingga apa yang masyarakat kami butuhkan dapat ditampung aspirasinya diantaranya infrstuktur jalan, Sumber Air bersih, dan Pemberdayaan masyarakat desa serta layanan kesehatan agar ini semua dapat dibantu untuk realisasinya, karena masih banyak program desa - desa ini yang belum terealisasi , ucapnya.


Laporan :  Bobon. S
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat Kunjungi Desa Sindangwangi Maju meningkat Mandiri

Terkini

Iklan