Iklan

Iklan

Kang Akur Tandatangani MoU Perjanjian Kerjasama Dengan IPB Bogor di Desa Kiarasari Kecamatan Compreng

klikindonesia
24 Sep 2021, 22:03 WIB Last Updated 2021-09-24T15:03:55Z

SUBANG- Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Subang melaksanakan penandatanganan MoU perjanjian kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) tentang kampung inovasi IPB – Subang di Desa Kiarasari Kecamatan Compreng. Jum'at (24/9/21).

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Bupati Subang, Dekan Fakultas Pertanian IPB, dan pimpinan CV Sari Bumi Nusantara disaksikan oleh Staf Ahli Bupati Asep Setia Permana, Kabag Kerjasama dan para tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Kiarasari Kecamatan Compreng, Samsudin, merasa bangga atas dipilihnya Desa Kiarasari menjadi kampung inovasi IPB. Dirinya berharap dengan ditetapkannya kampung inovasi IPB di Desa Kiarasari, Desa yang dipimpinnya mampu menggali potensi pertanian yang lebih baik lagi karena mayoritas masyarakat Desa kiarasari bermatapencaharian sebagai petani.

Sementara itu, Dekan Faperta IPB Dr. Ir. Sugiyanta memaparkan bahwa nantinya kampung inovasi IPB – Subang akan membutuhkan sekitar 100 ha, dimana pemberdayaan lahan pertanian, akan dilakukan dengan penerapan teknologi modern, sehingga lahirnya kampung inovasi IPB – Subang akan meningkatkan hasil pertanian yang presisi dan pintar dengan korporasi petani.

Inovasi akan menggunakan teknologi canggih drone untuk tabur pupuk dan benih padi di sawah petani. Inovasi teknologi canggih ini digunakan untuk uji coba demonstrasi teknologi mekanisasi pertanian di era revolusi 4.0. Penggunaan teknologi drone ini mampu mengubah budaya pertanian menjadi pertanian yang lebih modern. Dengan inovasi teknologi drone, sebaran petakan lahan dan produktivitas akan merata dan penyemprotan hama juga merata. Site plan kampung inovasi IPB - Subang nantinya juga akan memanfaatkan areal pesawahan sebagai tempat wisata, namun produktivitas tetap berjalan, diantaranya akan dijadikan rekreasi taman ditengah sawah, labirin jerami, wahana permainan jerami, panggung hiburan, café dan resto, dan fasilitas lainnya.


Ketua DPC Himpunan Alumni IPB Kabupaten Subang yang sekaligus sebagai Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi merasa bangga dan mengapresiasi dengan terjalinnya kerjasama antara IPB dengan Pemda Subang dalam pembangunan kampung inovasi IPB-Subang di desa Kiarasari Kecamatan Compreng untuk mengembangkan pertanian Subang di era revolusi 4.0.

Kang Akur berharap dengan hadirnya kampung inovasi IPB-Subang, akan mampu meningkatkan produktivitas pertanian di Subang sehingga petani Subang akan terbantu dan sejahtera.

Turut hadir pada kegiatan tersebut perwakilan Dinas Pertanian Subang, Kapolsek, Danramil, para anggota himpunan alumni IPB Cabang Subang, perwakilan bank BRI, DPD, LPM Desa Kiarasari, para petani dan tokoh masyarakat.


Laporan : Jay
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kang Akur Tandatangani MoU Perjanjian Kerjasama Dengan IPB Bogor di Desa Kiarasari Kecamatan Compreng

Terkini

Iklan