Iklan

Iklan

Bustan: Maksimalkan Fungsi Lahan Tidur

klikindonesia
10 Jul 2021, 20:06 WIB Last Updated 2021-07-10T13:06:21Z
H Bustan Pinrang, Presiden Partai UKM (Foto Khusus)


Jakarta--Presiden Partai UKM H Bustan Pinrang mengajak anak bangsa bekerjasama dengan pemerintah untuk memanfaatkan lahan tidur. 


"Mari kita manfaatkan lahan-lahan kosong (lahan tidur) yang selama ini tidak berfungsi untuk menanam palawija seperti sayur mayur maupun tanaman penopang kebutuhan bahan pokok, "ujar Bustan kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (10/7/2021).


"Cabe, bawang merah, bawang putih, brokoli, jagung, sawi maupun berbagai sayur mayur sangat bisa ditanam di lahan kosong. Nantinya itu akan banyak memberikan manfaat memenuhi kebutuhan pokok di saat pandemi ini. "Jelasnya.


Perlu diketahui mengutip data dari Direktur Perlindungan dan Perluasan Lahan (PPL) Kementan, Indonesia memiliki potensi raksasa lahan tidur seluas 33,4 juta hektare yang terdiri dari lahan pasang surut 20,1 juta hektare dan rawa lebak 13,3 juta hektare. Dengan bantuan sarana dan prasarana itu, lahan tidur bisa dibangunkan.


Dari jumlah tersebut, seluas 9,3 juta hektare diperkirakan sesuai untuk dikembangkan sebagai kawasan budidaya pertanian.


"Itulah sebabnya maka perlu pemaksimalan pemanfaatan lahan tidur yang selama ini masih sangat kurang. Ini adalah jalan keluar pemenuhan kebutuhan pangan sehingga tidak ketergantungan pada impor. "Tandas Bustan


Laporan: Jalal

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bustan: Maksimalkan Fungsi Lahan Tidur

Terkini

Iklan

Close x