Iklan

Iklan

Desa Wisata di Subang,Wujudkan Masyarakat Sejahtera Berbasis Potensi Lokal

klikindonesia
7 Apr 2021, 19:51 WIB Last Updated 2021-04-07T12:51:49Z

NET9.com I Subang - Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Subang, Wujudkan Masyarakat sejahtera berbasis potensi lokal, hal itu disamapaikan Drs.H.Asep Setia Permana M,Si Kadis Parawisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Subang rabu (7/4/2021).

Selanjutnya H.Asep menyebut ada  15 desa di Subang Selatan menjadi penyanggah obyek wisata  Subang, yaitu pemandian air panas Sari Ater dan Kawah Gunung Tangkuban Parahu yang sudah go internasional.

Nantinya Touris Mancanegara yang datang ke Subang, selain berwisata ke dua lokasi tersebut mereka mencoba berwisata ke Desa- Desa  karena Desa Wisata  memiliki sumber daya alam yang luar biasa dengan berbagai potensi baik sumber daya alam maupun kearifan lokalnya. 

Selain itu orang-orang wisatawan cenderung mencari hal yang baru. Persoalan indah, elok dan segala macamnya itu relatif, tapi yang tidak kalah penting adalah kenyamanan. 

" Kabupaten Subang sangat  kaya akan alamnya,  sebelah Utara memiliki luas pesawahan dan pantai dengan potensi wisata air dan pantai. Sedangkan sebelah selatan memiliki.pegunungan dengan dengan potensi wisata alam dan agro." Ujar H.Asep 

Potensi tersebut lanjut dia , dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata yang bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Untuk mengoptimalkan potensi pariwisata tersebut,  diperlukan kerjasama berbagai pihak,  karena pengembangan pariwisata bersifat multi sektoral, baik dari pihak pemerintah, pelaku wisata maupun masyarakat.

Oleh karena itu Beberapa Desa di Kabupaten Subang saat ini secara aktif melaksanakan kegiatan pengembangan Desa Wisata.

"Untuk mendorong semangat itu, maka dinas Parawisata melakukan upaya  Pembinaan kesetiap  Desa Wisata ini,”  terangnya.

Dijelaskan selanjutnya, bahwa Dinas Parawisata Kabupaten  ditahun  2021 , menargetkan  Desa Wisata  sebanyak 15 Desa  yaitu , Desa Cupunagara, Desa Cisalak, Desa Cimanggu, Desa Sukakerti, Desa Cibeusi, Desa Cibuluh, Desa Cisaat, Desa Sanca, Desa Cirangkong, Desa Bunihayu, Desa Pasanggrahan, Desa Kasomalang Kulon, Desa Kawungluwuk, Desa Buniara, dan Desa Tanjungsian.

" Apabila di Kabupaten Subang, telah terbentuk Desa Wisata, maka hal itu akan menjadi tonggak awal kemajuan desa karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan multiplayer effect dalam peningkatan pendapatan masyarakat." Pungkas Kadis Parawisata H.Asep Setia Permana.


Laporan : (H.Yaman)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Wisata di Subang,Wujudkan Masyarakat Sejahtera Berbasis Potensi Lokal

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->