Iklan


 

Iklan

Di Pimpin Langsung Bupati CU Forkopimda Lahat Melaksanakan Apel Simulasi Penanggulangan Tanggap Bencana Alam

klikindonesia
3 Feb 2021, 06:21 WIB Last Updated 2021-02-02T23:21:40Z

LAHAT//--
Bertempat Di Halaman Pemkab Lahat.
Bupati Lahat, Cik Ujang, SH. Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lahat melaksanakan Apel Simulasi Penanggulangan Tanggap darurat Bencana alam dan Bencana Sosial di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.(Selasa-02/02/2021).

Diikuti dari berbagai Dinas dan Instansi diantaranya Anggota TNI, POLRI, BPBD, Satpol PP, Damkar, Satuan Pramuka, Basarnas dan juga Para Kepala OPD. Kegiatan ini dilakukan demi terciptanya personil yang sigap, merespon dan menanggulangi bencana yang ada di Kabupaten Lahat khususnya daerah yang rawan terkena bencana.

Dalam laporan Plh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lahat, Endang, menyampaikan  bahwa Apel ini dilakukan terkait dengan kondisi alam dan cuaca diwilayah Lahat yang sering terjadi hujan hingga dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor, oleh sebab itu Apel ini dilakukan untuk mempersiapkan petugas agar dapat mencegah dan mengurangi bencana di Daerah kabupaten lahat.

"Kami adakan apel hari ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan terpadu dalam rangka antisipasi bencana alam diwilayah Kabupaten Lahat, untuk para perserta apel dari BPBD Lahat, Pol PP dan Dankar Lahat, Tagana, Dinas Kesehatan", terangnya.

Bupati Lahat,  dan. Didampingi PJ Seketaris Daerah (Sekda) Lahat, Dandim 0405/Lahat, Kapolres Lahat yang diwakili oleh Kabag Op, Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Kajari Lahat dan tamu undangan lainya, melakukan peninjauan secara langsung untuk melihat, mengecek dan menguji alat – alat penanggulangan bencana yang berada disamping barisan peserta apel.


Dalam kesempatan ini   Bupati lahat Cik Ujang, SH. Sebagai Pimpinan Apel.dan menyampaikan bahwa keadaan alam dapat berubah menjadi bencana apabila belum adanya persiapan ditambah belum melakukan pemetaan daerah -daerah yang rawan bencana, bencana juga dapat terjadi disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri dengan melakukan pengerusakan alam demi keuntungan pribadi seperti penebangan pohon secara liar, pengerukan tanah dan membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan banjir.

Yang kita kuatirkan Hal – hal seperti inilah yang harus kita waspadai dan ditertibkan karena bencana dapat terjadi karena faktor alam itu sendiri dan juga karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab" Ucapnya 

Cik Ujang menegaskan kepada peserta apel untuk dapat selalu memeriksa dan menyiapkan alat agar selalu dalam kondisi baik.


" Ia meminta kepada semua peserta apel khususnya dinas atau instansi yang berkaitan langsung dengan penanganan bencana, untuk cepat merespon setiap laporan yang berkaitan dengan kejadian alam yang memungkinkan terjadinya bencana, untuk segera membantu Masyarakat,

lanjut CU, Kalau tidak terbentur dengan aturan yang ada, saya miminta kepada disetiap Desa membeli Mobil Pemadam Kebakaran, guna mengatisipasi terjadi bencana Kebakaran yang sering terjadi di Kabupaten Lahat" ungkapnya.

Laporan:(fr.As)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Di Pimpin Langsung Bupati CU Forkopimda Lahat Melaksanakan Apel Simulasi Penanggulangan Tanggap Bencana Alam

Iklan


Terkini

Iklan