Iklan

Iklan

Wabup Subang Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Fasilitator BSPS

klikindonesia
15 Des 2020, 05:53 WIB Last Updated 2020-12-14T22:53:59Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri sekaligus membuka kegiatan fasilitasi peningkatan kapasitas fasilitator Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap 1 tahun 2020 di provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) penyediaan perumahan Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di aula Dayang Sumbi Ciater Subang, senin (14/12/20).

Maksud dari penyelenggaraan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Fasilitator BSPS tahap I tahun 2020 Provinsi Jawa Barat (Praktek Lapangan) adalah untuk meningkatkan kapasitas terkait bidang konstruksi koordinasi fasilitator dan tenaga fasilitator lapangan dalam melakukan pembinaan dan pendampingan pada masyarakat penerima BSPS dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi  yang dilakukan oleh tukang atau pekerja bangunan local.

Tujuan kegiatan tersebut untuk fasilitator dapat memberikan pemahaman terkait konstruksi kepada masyarakat penerima bantuan tukang atau pekerja dan meningkatkan kemampuan konstruksi koordinator fasilitator dan tenaga fasilitator lapangan yang mendampingi masyarakat penerima BSPS.

Sesuai dengan salah satu program Kementerian PUPR dalam mendukung visi Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin yaitu melalui program percepatan Sertifikasi tenaga kerja konstruksi sebagai upaya meningkatkan kompetensi Sumber daya Manusia (SDM) bidang konstruksi.

Peserta pada kegiatan tersebut yaitu dari 9 Kabupaten/Kota sejumlah 259 orang yang terbagi menjadi 4 regional penyelenggara secara parallel yaitu Kota Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi dalam sambutannya merasa bangga dan sebuah kehormatan karena Kabupaten Subang ditunjuk sebagai tempat pembukaan kegiatan fasilitasi peningkatan kapasitas fasilitator Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap 1 tahun 2020 yang diikuti oleh 5 Kabupaten/Kota dengan peserta 262 orang dan online secara virtual dengan Kabupaten lainnya di Jawa barat.

Apresiasi kepada Dirjen Perumahan Kementerian PUPR terkhusus pada balai Peleksanaan Penyediaan Rumah Jawa II yang telah banyak membantu masyarakat Subang dalam BSPS bagi Rutilahu.

Permasalahan perumahan menjadi salah satu hal yang Pemerintah Daerah Kabupaten Subang prioritaskan mengingat perumahan yang layak huni merupakan kebutuhan dasar disamping kebutuhan pangan dan sandang terutama masa pandemic covid-19 saat ini.

Dengan BSPS yang diberikan kepada masyarakat Subang sangat membantu dan meringankan beban masyarakat dan program padat karya tunai dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional sangatlah dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat Subang.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) harus tepat sasaran dan pengerjaan harus tepat waktu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan fasilitasi peningkatan kapasitas fasilitator Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap 1 tahun 2020 sehingga para fasilitator yang bergerak di lapangan akan dibekali dengan keahlian di bidang konstruksi bangunan rumah yang dibuktikan dengan sertifikat. 

Sertifikat ini akan menjadi legalitas para fasilitator yang bertugas, bahkan menjadi keahlian yang bisa digunakan dimanapun dan kapanpun”, pungkas Agus Masykur.

Direktur Rumah Swadaya Ir. K.M. Arsyad dalam sambutannya secara virtual video conference menjelaskan bahwa Pemerintah terus mendorong pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Bidang Perumahan melalui penyaluran padat karya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah guna mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada masa pandemi Covid-19 ini.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan siap melaksanakan percepatan PEN guna menjaga stabilitas perekonomian secara nasional dari ancaman resesi ditengah wabah pandemi Covid-19.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Direktur Rumah Swadaya Ir. K.M. Arsyad, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa II, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Jasa Kontruksi Wilayah III Budianto Kusumawardhono, Pejabat Pembuat Komitmen Rumah Swadaya Indro Utomo Nugroho, Asda II Pemda  Subang dr. Nunung Suhaeri, para instruktur dan asesor, para coordinator fasilitator dan tenaga fasilitator lapangan.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wabup Subang Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Fasilitator BSPS

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->