Iklan


 

Iklan

Pembangunan Tower Telekomunikasi Menuai Protes Warga Bungko

klikindonesia
29 Mar 2024, 10:18 WIB Last Updated 2024-03-29T03:18:14Z



Net9.com // CIREBON - Sejumlah warga Rt 01 Rw 06  memprotes pembangunan menara tower telekomunikasi di Desa Bungko Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon,  Jawa Barat 


Menurut warga sekitar lokasi  tower tersebut menyampaikan bahwa" Rencana akan adanya pembangunan tower
dari awal  tidak diSosialisasikan kepada warga sekitarnya dan konfensasi dari pihak perusahaan pun untuk  warga sekitarnya juga tidak transparan. 


"Kami sangat keberatan dengan berdirinya tower tersebut karena selain konfensasi tidak transparan terlebih akan pembangunan tower tersebut itu tanpa sosialisasi terlebih dahulu kepada warga, namun ada beberapa warga sudah menerima konfensasi karena kami hanya mendapatkan informasi dilokasi tersebut akan dibangun  tower Internet Wifi, jadi ya kami terima uangnya dengan besaran Rp. 200-500 ribu. Tapi faktanya setelah kesini baru tahu ini pembangunan tower menara yang katanya Tower Wifi, Maklum pak kami orang kampung tidak mengerti," Ungkapnya warga sekitar tower yang enggan disebut namanya kepada wartawan kamis (28/03/2024). 



Lebih lanjutnya, terkait konfensasi. katanya, pihak perusahaan hanya memberikan sejumlah uang dengan besaran Rp. 200 -500 ribu kepada sebagian rumah warga sekitar  lokasi tower, dan ada juga warga disekitar tower yang tidak mendapatkan konfensasi. 

" Kendati demikian, hal tersebut bukanlah hal yang terpenting dalam hal ini dan terpenting adalah sosialisasi tentang dampak negatif dan positif berdirinya menara tower tersebut seharusnya terlebih dahulu disosialisasikan pada warga sekitar. 


"Sebetulnya Sejumlah warga di lokasi Rt 01 Rw 06 ini resah akan adanya isu-isu yang akan menimbulkan keselamatan, kesehatan manusia, maupun barang - barang elektronik warga sekitar lokasi tower, saya pribadi keberatan walaupun sudah menerima uang konfensasi , karena  warga disekitar lokasi  tower masyarakatnya tidak rukun, seharusnya pemerintah desa dan pihak perusahaan terlebih dahulu menjelaskan dampak tersebut sebelum membangun sebuah tower, Tuturnya


"Apa lagi ini pembangunannya kata dia, tidak jauh dari perumahan penduduk, dan apa tanggung jawab dari pihak perusahaan jika terjadi hal - hal yang tidak di inginkan dikemudian hari. Ini perlu ditinjau ulang dan kami berharap pihak perusahaan dan pemerintah desa setempat agar kembali mensosialisasikan secara langsung kepada warga sekitar lokasi pembangunan tower, pungkasnya. 


Untuk diketahui bahwa lokasi tanah  pembangunan tower tersebut milik perangkat desa setempat dan tower tersebut baru pengerjaan penggalian tanah serta pondasi bangunan kurang lebihnya baru 1 bulan ini. 


Pada saat awak media mencoba mengklarifikasi terkait hal tower tersebut  kepala ( kuwu) desa bungko, namun sayangnya tidak bisa ditemui karena kata perangkat desanya sedang tidak dikantor. 


Laporan : Tiem
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembangunan Tower Telekomunikasi Menuai Protes Warga Bungko

Iklan


Terkini

Iklan