Iklan

Iklan

Marak Terpapar Covid Pasca Lebaran Pemkab Subang Gelar Rapat Koordinasi Dengan Satgas Covid Kabupaten

klikindonesia
11 Jun 2021, 10:14 WIB Last Updated 2021-06-11T03:14:16Z

NET9.COM | SUBANG- Dalam bentuk respon dan keseriusan terhadap pencegahan dan penanggulangan covid-19 di Kabupaten Subang yang terus meningkat dilaksanakan rapat koordinasi antara Satgas Percepatan Penanganan covid-19 dengan unsur-unsur terkait di ruang rapat Bupati II. Rabu (10/6/21).

Rakor tersebut selain dilaksanakan secara tatap muka di Ruang rapat Bupati yang dihadiri oleh Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, Sekda H. Asep Nuroni, unsur OPD, unsur TNI-Polri juga dilaksanakan secara virtual online dengan tim Satgas Kecamatan, Polsek dan Koramil.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi, mengatakan bahwa total konfirmasi positif sampai tanggal 9 Juni sebanyak 5927 orang dari hasil sampel 39.765 dengan Kecamatan angka konfirmasi terbanyak adalah Kecamatan Subang sebanyak 1330 orang. 

Perkembangan kasus konfirmasi positif covid-19 Kabupaten Subang pada 4 hari terakhir peningkatan kasus konfirmasi positif terbilang tinggi sampai 218 orang.
Terkait klaster covid-19 di Desa Kihiyang Kecamatan Binong. Sebelum terjadi klaster, dari bulan Maret hingga Juni sudah ada 120 orang yang terkonfirmasi positif di Kecamatan Binong. Setelah muncul klaster Desa kihiyang, dilakukan tracing ke 109 orang dan yang terkonfirmasi positif ada sebanyak 43 orang. Kasus tersebut penyebabnya dari kluster hajatan.
Berdasarkan epidemiologi positif rate berada di 14,90% dengan angka kesembuhan (cure rate) 88,59%, sedangkan angka kematian (fatality rate) diangka 2,70% dan untuk cakupan pemeriksaan swab dan antigen 254,50%.

Berbagai upaya pencegahan dan penanganan covid-19 di masa PPKM mikro  menerapkan prinsip 3T dan 3M yaitu Testing, tracking, treatment, menjaga jarak, memakai masker, Selalu mencuci tangan dan menghindari kerumunan serta pemberian vaksin.

Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang Agus Masykur dalam forum rakor tersebut menyampaikan bahwa pemerintah pusat pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah Kabupaten Subang terus-menerus mengevaluasi perkembangan penyebaran penularan covid 19. Catatan evaluasi yang paling penting adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat serta menyadarkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan 5M. 

Penanganan pencegahan penularan covid 19 tetap memerlukan dukungan seluruh pihak Sinergi antara TNI-Polri, ASN, Pemuka agama, komunitas, pihak swasta, dan seluruh masyarakat.
Pembatasan kegiatan masyarakat harus digalakkan, terlebih yang berpotensi menimbulkan kerumunan, menjelang rayagung atau Idul Adha atau bulan haji, serta kegiatan wisata dan hiburan lainnya agar terus dievaluasi.

Dari tanggal 3 juni sampai dengan 8 Juni telah dilakukan Gebyar vaksin untuk lansia di Puskesmas Sukarahayu dan Puskesmas Cikalapa, diharapkan dapat menambah jumlah masyarakat pra lansia dan lansia yang sudah divaksin. Karena presentasi lansia yang sudah divaksin di Kabupaten Subang masih terbilang rendah.
Kang Akur menginstruksikan seluruh tim Satgas kabupaten dan Satgas tingkat kecamatan untuk lebih serius dan disiplin dalam penanganan covid 19 di Kabupaten Subang.



Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Marak Terpapar Covid Pasca Lebaran Pemkab Subang Gelar Rapat Koordinasi Dengan Satgas Covid Kabupaten

Terkini

Iklan