Iklan

Iklan

Diharapkan Tumbuh Kembangnya Inovasi Dalam Pelayanan Publik, Pj. Sekda Subang Imbau "Satu Instansi Satu Inovasi"

klikindonesia
18 Mar 2021, 14:54 WIB Last Updated 2021-03-18T07:54:58Z

NET9.COM | SUBANG- Pj.Sekda Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si membuka rapat Sosialisasi Kompetisi Inovasi di Aula Hotel Nalendra, Kamis pagi tadi 18 Maret 2021, yang dihadiri oleh seluruh OPD Kabupaten Subang.

Menurut Kabag Organisasi Purwani dalam sambutannya, Kabupaten Subang masih jauh tertinggal dibidang inovasi khususnya dari Organisasi Perangkat Daerah. " Kita harus ada upaya dan semangat dari para inovator yang ada di OPD Kabupaten Subang ini sehingga bisa menjadi lebih baik lagi dalam hal pelayanan publik, kalau bisa satu instansi satu inovasi dimana melalui kegiatan ini yang sasarannya OPD yang ada di Kabupaten Subang ini. " ujarnya.

Senada dengan Kabag Organisasi, Pj.Sekda dalam sambutannya mengatakan Subang saat ini masih ketinggalan inovasinya dari Kabupaten lain. Dari jumlah 60 OPD baru 19 inovasi dari target 1 instansi 1 inovasi. Kang Asep mengatakan dengan dianugerahi Sumber Daya Alam (SDA) yang mumpuni seharusnya bisa jauh lebih berkembang. " Subang merupakan daerah strategis saat ini, dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti karakter pegunungan laut dan daratan. 

Seandainya beberapa fasilitas ini tidak ada inovasi maka bakal semakin tertinggal. 

Mengapa inovasi sangat penting, disamping beberapa tadi yg disampaikan pak Kabag, sebagai upaya peningkatan pelayanan publik. " ujar Kang Asep. 

Kang Asep pun menambahkan diperlukan upaya percepatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam rangka memenuhi harapan masyarakat.
" Pemerintah melakukan langkah kebijakan dengan menetapkan gerakan Satu Instansi, Satu Inovasi atau One Agency One Innovation yang mendorong perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dengan mengembangkan paling tidak Satu Inovasi setiap tahunnya. Keberadaan Inovasi ini diharapkan dapat menjadi dalam upaya melakukan percepatan pelaksanaan reformasi. " tambahnya.

Selanjutnya menurut Beliau keberlanjutan inovasi yang sudah ditetapkan sangatlah penting karena berdampak sangat positif bagi masyarakat. Upaya tersebut untuk mendorong persaingan sehat antar Instansi dan Daerah serta memenuhi penilaian Pelayanan Publik yang baik (Pelayanan Prima). 
" Oleh karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Subang pada tahun ini, akan menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Kabupaten Subang tahun 2021 atau disingkat KIKS 2021. " ujarnya.

Seperti diketahui diselenggarakannya KIKS adalah untuk menyeleksi inovasi yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, yang nantinya untuk 3 (TIGA) inovasi terbaik akan diikutsertakan dalam kompetisi Inovasi Jawa Barat dan kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
Diharapkan dengan diselenggarakannya Sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, akan lebih banyak lagi Perangkat Daerah yang termotivasi dan menciptakan inovasi dan ikut serta dalam kompetisi inovasi selanjutnya

Dalam rapat tersebut hadir juga Pihak dari Lembaga Administrasi Negara, Inspektur Daerah serta Asda III.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diharapkan Tumbuh Kembangnya Inovasi Dalam Pelayanan Publik, Pj. Sekda Subang Imbau "Satu Instansi Satu Inovasi"

Terkini

Iklan