Iklan

Iklan

Begini Proses Vaksinasi Covid19 yang Akan Dilaksanakan di Kabupaten Cianjur

klikindonesia
14 Jan 2021, 14:42 WIB Last Updated 2021-01-14T07:42:01Z
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr. Irvan Nurfauzi jelaskan proses vaksinasi Covid19, akan dilaksanakan di setiap Faskes yang tersebar di seluruh Kabupaten Cianjur

NET9.COM | CIANJUR - Vaksinasi Covid19 yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, akan dilakukan di kabupaten/kota pada Tanggal 14 Januari 2021 hari ini. Pelaksanaannya sendiri akan bertahap selama tiga bulan dimulai Bulan Januari, Februari dan Maret. Vaksinasi akan diterapkan terlebih dahulu kepada para Tenaga Kesehatan (Nakes). Baru setelah itu akan menyisir kepada masyarakat umum.

"Untuk distribusi vaksin Covid19nya sendiri, Kabupaten Cianjur belum mendapatkan informasi lanjutan dari pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadinkes) Cianjur, dr. Irvan Nurfauzi kepada net9.com, Kamis (14/01/2021).

Vaksinasi kepada masyarakat umum, akan dilaksanakan di setiap tempat Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Puskesmas Pembantu, ataupun Klinik Kesehatan, baik itu milik pemerintah maupun swasta. Hal ini untuk mempermudah jangkauan bagi masyarakat yang akan di vaksinasi.

"Jadi, para Nakes dan non Nakes yang bertugas di Faskes, yang pertama kali akan menerima Vaksinasi terlebih dahulu," katanya.

Masyarakat penerima manfaat vaksinasi Covid19 ini, lanjut dr. Irvan, akan menerima Sort Masage Sistem (SMS) atau undangan dari petugas peduli Covid19. Setelah itu, masyarakat tersebut akan mendaftar ulang kedatangan dan mendapatkan tiket untuk di vaksinasi. Teknis vaksinasinya sendiri, masyarakat akan mendapatkan dua dosis suntikan di lengan atas dengan jarak, minimal 14 hari.

"Bagi masyarakat yang tidak bisa mendaftar ulang, akan dibantu prosesnya oleh Babinsa ataupun Bhabinkamtibmas," imbuhnya.

Untuk mengawasi semua kegiatan vaksinasi Covid19, pihak Dinkes Kabupaten Cianjur telah membentuk sebuah Tim atau Kelompok Kerja (Pokja) yang akan terus memantau semua kejadian setelah pelaksanaan vaksinasi Covid19. Pokja tersebut akan langsung tersambung ke Faskes - Faskes yang dipakai tempat vaksinasi.

"Vaksin Covid19 akan kami simpan di Instalasi Farmasi yang kami punya," tutup dr. Irvan.


Laporan : (Ruslan)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Begini Proses Vaksinasi Covid19 yang Akan Dilaksanakan di Kabupaten Cianjur

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->