Iklan


 

Iklan

Bupati Subang Hadiri Acara "Sisingaan Goes To UNESCO"

klikindonesia
5 Nov 2020, 15:57 WIB Last Updated 2020-11-05T08:57:14Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Bupati Subang H. Ruhimat atau yang biasa disapa Kang Jimat mengikuti acara Sisingaan Goes to UNESCO di Halaman Wisma Karya, Subang. Kamis, (05/11).

Seni sisingaan merupakan kesenian khas Subang yabg telah lama dipelihara dan sering digunakan dalam acara-acara besar seperti hajatan dan khitanan di Kabupaten Subang. Selain menjadi pertunjukan hiburan bagi masyarakat, sisingaan juga memiliki makna sejarah yang kuat dan mengandung nilai-nilai luhur yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal tersebut mendorong pentingnya sisingaan untuk diperkenalkan dengan baik kepada para generasi muda dan juga di kancah internasional.

Leni Resnawati seorang guru bahasa Inggris di SMP Negeri Ciasem yang juga menjadi salah satu guru berprestasi berjuang membawa sisingaan agar menjadi kesenian yang diakui oleh UNESCO. Dalam prosesnya Leni turut didukung oleh Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan berkolaborasi dengan Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU). 

Leni juga meminta dukungan dari pemerintah Kabupaten Subang dan dinas-dinas terkait agar upaya yang dilakukannya ini dapat berjalan sesuai harapan.


Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan apresiasi atas upaya membawa sisingaan ke kancah internasional melalui UNESCO ini. 

Kang Jimat merasa bangga kepada Ibu Leni dan tim yang terus berusaha mewujudkan itu semua. Pemerintah Kabupaten Subang siap mendukung semaksimal mungkin agar hal tersebut dapat tercapai. 

Kang Jimat sedikit bercerita bahwa dahulu di masa kecilnya sisingaan telah menjadi ciri khas kebudayaan masyarakat Subang. Dan kini Kang Jimat memiliki keyakinan kesenian sisingaan dapat dikenal oleh masyarakat internasional. 

Dengan segala nilai-nilai sejarah dan budaya yang terkandung dalam kesenian sisingaan, Kang Jimat berharap sisingaan bisa dikaji agar segera dibuatkan Pergub dan dapat menjadi ekstrakurikuler maupun kurikulum muatan lokal.

Selanjutnya Kang Jimat menginginkan seluruh masyarakat Subang yang memiliki prestasi dan berdampak pada kemajuan Subang untuk terus didukung dan diberikan penghargaan setinggi-tingginya. 

Pada kesempatan itu juga Kang Jimat dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Tatang Komara diberikan kesempatan untuk menaiki sisingaan sebagai simbolik bahwa pemerintah Kabupaten Subang siap mendukung pengembangan seni budaya yang ada, salah satunya sisingaan.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Subang Hadiri Acara "Sisingaan Goes To UNESCO"

Iklan


Terkini

Iklan