Iklan

Iklan

BRIN, Berikan Motivasi Riset Teknologi Tepat Guna pada KADIN Subang

klikindonesia
20 Mar 2024, 09:59 WIB Last Updated 2024-03-20T02:59:12Z


Subang, Humas BRIN.  Dalam rangka meningkatkan Pembangunan khususnya pada sektor Industri Pertanian di Kabupaten Subang,  Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Subang melakukan kunjungan ke kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Sains Muhammadi Siswosudarmo Subang, pada hari Senin (18/03)  

Moeso Andrianto selaku Ketua Kelompok Riset (Kelris) TTG Mesin Dinamis hadir sekaligus pada kesempatan ini untuk mewakili Kepala Pusat Riset Teknologi Tepat Guna (PRTTG)-BRIN dalam sambutannya menyampaikan, bahwa PRTTG adalah bagian dari BRIN yang berlokasi di Kabupaten Subang, sebelumnya adalah LIPI  dan sekarang telah terintegrasi kedalam BRIN sesuai kebijakan dari Presiden. Secara struktur organisasi, BRIN memiliki dua belas Organisasi Riset (OR) dan yang lainnya adalah Kedeputian, Kesekretariatan, Inspektorat dan beberapa Pusat Penelitian berada dibawah Kepala BRIN. Salah satu OR di lingkungan BRIN adalah  Pusat Riset Pertanian dan Pangan (ORPP)-BRIN yang membawahi PRTTG-BRIN Kawasan Sains Subang, sambut Moeso.


Lebih lanjut Moeso sampaikan, “Tupoksi PRTTG adalah untuk mendukung pertanian dan pangan, karenanya PRTTG memiliki program Teknologi Tepat Guna (TTG) pada tujuh Kelris yaitu untuk mengembangkan peralatan-peralatan pertanian dan pangan. BRIN siap mendukung rencana peningkatan pembangunan khususnya pada sektor industri pertanian dan pangan di Kabupaten Subang”, ungkap Moeso.



Sementara Agus Prabanta selaku Ketua Dewan Pengurus Kadin Subang menyampaikan, “Melihat dari perkembangan pembangunan di Kabupatan Subang saat ini cukup pesat maka Kadin Subang berperan/ambil bagian untuk percepatan pembangunan pada semua sektor di Kabupaten Subang, kegiatan ini dimulai pada awal tahun 2024 merupakan bagian dari asosisasi induk bidang usaha di semua sektor pembangunan di Kabupaten Subang. Oleh karenanya Kadin mebutuhkan jejaring pada semua stakeholder di Kab. Subang khusunya pada Dinas/Instansi, BRIN, Perguruan Tinggi, Sekolah, dan lain-lain. Kegiatan kunjungan ini dilakukan untuk membangun koordinasi dan kolaborasi. Ungkap Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, Kadin memiliki cukup banyak program/kegiatan, salah satunya bidang pendidikan vokasi atau pendidikan kejuruan yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu di Kabupaten Subang, dimana kondisi ini dapat dinilai mengalami keterlambatan. Karenaya, fokus Kadin adalah pada peningkatan/penguatan kapasitas SDM dan penyiapan kemampuan pekerja untuk bekerja di sektor industri/sektor lainnya, maka direncanakan akan dibuat SK TKDV (Tim Koordinasi Daerah Vokasi) yang melibatkan semua stakeholder kedalam Tim Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi Kabupaten Subang, hal inilah tujuan Kadin datang berkunjung ke BRIN yaitu untuk mensosialisasikan program Kadin Subang dan mengajak  keterlibatkan dari pihak BRIN menjadi anggota Tim. Ia berharap Investasi di Kab. Subang harus dipastikan aman dan nyaman. Upaya agar nantinya tim dapat mendorong masuknya industrialisasi dan investasi di Subang minimal ada peningkatan pada kondisi keamamannya, bentuk investasi, jangka waktu yang dibutuhkan, dan sebagainya, jelas Agus.


Dalam sesi diskusi dan tanya jawab pada prinsipnya disampaikan bahwa fokus kolaborasi dengan Kadin ini diharapkan dapat membantu dalam menyiapkan pelajar (khususnya SMK) untuk lebih siap bekerja dan mensinkronkan Pendidikan Sekolah dengan realita kebutuhan TTG melalui Pendidikan vokasi dan pelatihan. Pemanfaatan potensi lokal Kabupaten Subang seperti beras, nanas, pisang, manggis, ikan dan komoditas unggulan/ikon daerah dan lain sebagainya.  


Kunjungan dan Silaturahim diakhiri dengan kunjungan fasilitas infrastruktur riset Kawasan Sains Muhammadi Siswosudarmo Subang.


Kegiatan kunjungan ini dihadiri jajaran Dewan Pengurus Kadin: Herliessa (Ketua Komisi Tetap Vokasi), Boing (Wakil Ketua II), Kelvie Pratama (Wakil Ketua I) dan Eep Subaryo (Komisi Tetap Pengembangan SDM). Sementara dari PRTTG-BRIN yang mendampingi Moeso Andrianto, hadir para Ketua Kelris di lingkungan PRTTG-BRIN, Tim Layanan Kerja Sama Kawasan Sains Teknologi (KST) Cisitu-Bandung dan Kawasan Subang, Sekretariat dan Tim Humas KS BRIN Subang.(ecp.da.sp/set).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BRIN, Berikan Motivasi Riset Teknologi Tepat Guna pada KADIN Subang

Terkini

Iklan