Iklan


 

Iklan

Bahas Terkait Penyerapan Anggaran Tahun 2021, Kang Akur Ikuti Rakor Bareng Mendagri dan Menkeu

klikindonesia
22 Nov 2021, 17:50 WIB Last Updated 2021-11-22T10:50:27Z

SUBANG- Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi memimpin briefing staf sekaligus mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah tahun 2021 secara virtual di Ruang Rapat Bupati II. Senin (22/11/21).

Rakor dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan diikuti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara virtual.

Rakor tersebut bertujuan untuk menyatukan langkah dan strategi percepatan realisasi penyerapan anggaran daerah Tahun Anggaran 2021 guna menstimulus pertumbuhan ekonomi di daerah dan memberikan gambaran hasil analisa dan evaluasi realisasi penyerapan anggaran daerah tahun 2021.

Mendagri dalam arahannya menyampaikan arahan Presiden RI, dimana disampaikan bahwa percepatan realisasi APBN dan APBD melalui percepatan realisasi belanja pemerintah baik melalui APBD maupun APBN, mewaspadai resiko perkembangan ekonomi global terhadap perekonomian Indonesia, serta mewaspadai potensi berlanjutnya pandemi yang juga berdampak pada perlambatan ekonomi dunia. APBN harus bisa menjadi instrumen untuk menggerakan pertumbuhan dan memperkuat daya tahan ekonomi, serta mengakselerasi daya saing, utamanya daya saing ekspor dan investasi.

Arahan lainnya diantaranya mendorong realisasi investasi mengawal dan menindaklanjuti komitmen investasi agar segera dapat dilaksanakan serta komitmen bersama terhadap pengembangan ekonomi hijau dan transaksi ke energi terbarukan (renewable energy).

Mendagri juga menyampaikan bahwa Kemendagri mendapat penugasan untuk memonitoring dan mengevaluasi realisasi APBD yang masih rendah.

Di situasi pandemi saat ini pihaknya memahami bahwa pemerintah daerah mengalami kontraksi pendapatan, sehingga tidak sesuai dengan praktek. Realisasi Pendapatan provinsi dan kabupaten kota se Indonesia tahun 2021 mengalami penurunan.
 
Sementara itu, Kang Akur berharap pada tahun anggaran 2021 yang segera berakhir, optimalisasi penyerapan anggaran dan realisasi kegiatan dapat sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekda Subang H. Asep Nuroni, para asda, staf ahli, para kepala OPD dan para Kabag lingkup Setda Subang.


Laporan : Jay
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bahas Terkait Penyerapan Anggaran Tahun 2021, Kang Akur Ikuti Rakor Bareng Mendagri dan Menkeu

Iklan


Terkini

Iklan