Iklan

Iklan

Perwakilan Setditjen PFM Kemensos RI, Kunjungi Langsung kelurahan Paoman kecamatan Indramayu

klikindonesia
24 Sep 2021, 07:10 WIB Last Updated 2021-09-24T00:18:09Z

Net9, Indramayu- Perwakilan Sekretariat Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Setditjen PFM) Kemensos RI Nursyamsu turun langsung mengawal distribusi kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Sembako yang bertujuan mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin & rentan dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Bantuan sosial program sembako di kelurahan Paoman kecamatan Indramayu kabupaten Indramayu melalui Bank BNI, dimana pengambilan bantuan sembako yang diantaranya berupa beras, telur, buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dilakukan melalui e-Warong, Kamis 23/9/2021. 

Sementara itu, Nursyamsu menyampaikan bahwa Bapak Dirjen dan Bapak Sekretaris Ditjen belum bisa berkunjung langsung ke Indramayu di hari kamis 23 september 2021, karena pada hari yang sama sedang mendampingi Ibu Menteri kunjungan ke Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Disampaikan juga bahwa bapak Sekretaris Ditjen PFM tetap akan hadir di Indramayu di hari Jumat 24 september 2021 untuk memastian pada data di kabupaten Indramayu.

Nursyamsu mengungkapkan tujuannya bersama tim turun langsung ke lapangan tersebut memastikan distribusi KKS berjalan dengan lancar, dan KPM bisa langsung transaksi hari itu juga setelah menerima KKS nya. 

"Tujuannya kunjungan ini juga adalah agar kita sama-sama membangun semangat cari solusi terbaik untuk pemenuhan “hak” KPM." Tambahnya.

"Setelah pembagian KKS, langsung mengarah ke salah satu e-warong terdekat yaitu di E-warong pak Endang kelurahan margadadi, agar KPM langsung kroscek saldonya, alhamdulillah di hari yang sama (tidak sampai 1 hari), KPM yang menerima KKS saat melakukan penggesekan EDC di e-warong pak Endang sudah ada saldonya, disaksikan langsung oleh Boy Bili Prima Kepala Bidang  PFM Dinas Sosial Kab. Indramayu beserta kepala cabang Bank BNI Rafli.



Pengecekan saldo menunjukkan ada alokasi 5 bulan sejumlah satu juta rupiah. Diingatkan kepada para pihak termasuk BNI, Kabid PFM Dinsos, Kacab. BNI, serta KPM dan masyarakat yang menyaksikan, bahwa pengambilan sembako adalah sesuai keinginan KPM, tidak boleh dipaksakan harus mengambil satu bulan saja dulu, atau harus diambil semuanya, dan tidak ada tekanan-tekanan lainnya." Ucapnya.

"Harapannya program sembako bisa tersalurkan ke semua KPM secara mudah dan cepat,  dan KPM terlayani dengan baik, untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya. Karena itu memang hak dari KPM" Imbuhnya.

Disisi lain, terkait informasi ada e-warong yang sehari-hari tidak berjualan sembako bahkan tidak memiliki warung, sebaiknya segera dilakukan pembenahan sebagaimana persyaratan agen bank penyalur program sembako. 



Mengenai informasi masih ada kelurahan & desa yang belum ada e-warong, dengan jumlah KPM per kelurahan/desa sekitar 800 sd 1000 an KPM, diharapkan pihak Himbara dalam hal ini BNI agar segera menyiapkan warung agen bank nya menjadi e-warong penyalur program Sembako di desa/kelurahan tersebut, dan agar berkordinasi dengan para pihak terkait, sehingga setidaknya adanya penambahan e-warong juga diketahui oleh pihak Dinsos, para pendamping, serta tikor kabupaten maupun kecamatan. Sebisa mungkin kita melakukan yang terbaik dan memudahkan KPM dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya melalui e warong-e warong yang tersedia tidak jauh dari rumah tinggal KPM. 

Harapan Kacab BNI tahun ini bisa kita kafer, minimal untuk satu Desa, satu E-warung, Tahapan untuk jadi E- warong sendiri ada proses yang dilalui," Ucap Rafli kepala cabang Bank BNI Indramayu. (Ari)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perwakilan Setditjen PFM Kemensos RI, Kunjungi Langsung kelurahan Paoman kecamatan Indramayu

Terkini

Iklan

Close x