Iklan

Iklan

RENCANA PEMERINTAH PUSAT AKAN IMFOR BERAS TAILAND, PARA PETANI SUBANG MENJERIT KARENA HARGA GABAH AKAN TURUN DRASTIS

klikindonesia
21 Mar 2021, 21:26 WIB Last Updated 2021-03-21T14:26:33Z
Anggota DPRD Kab.Subang Fajar Trengginas


NET9.COM - Subang , Rencana Pemerintah pusat akan mengimpor satu juta ton beras diahir bulan Mart 2021, membuat para petani disejumlah daerah menjerit pasal nya sudah harga gabah akan turun drastis,

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Subang Fajar Trengginas, melalui pesan singkat nya kepada POROS JABAR minggu (21/3/2021).

Dengan adanya rencana Pemerintah Pusat akan mengimpor beras,  Fajar Trengginas  menyesalkan kebijakan tersebut, pasalnya sudah dapat dipastikan harga gabah kering akan langsung jatuh.

Selain itu lanjut dia, para petani dihadapkan dengan  masalah pupuk subsidi yang langka sehingga  membuat mereka terpaksa membeli pupuk non subsidi yang harganya sangat mahal.

“ Saya ini anak petani Pantura Subang,  dan saya bicara terkait kelangsungan petani, banyak keluhan petani masuk ke saya, jutaan petani  terancam mata pencahariannya akibat impor beras dari Tailand ” tegas Fajar.

Berdasarkan data yang dia punya, stok beras sebenarnya masih surplus jutaan ton. Jadi tidak ada alasan pemerintah pusat untuk mengimpor karena kekurangan beras.

Dijelaskan Fajar,  bahwa sekarang ini di Kabupaten Subang akan panen raya. Namun harga gabah hanya di kisaran Rp.3000 /kg dan  Harga itu jauh dari harapan dan tidak sesuai dengan  ongkos produksi.

“Bagaimana petani mau untung, Harga pupuknya mahal,  karena  pupuk subsidi langka, ditambah tidak ada yang subsidi petani, akhirnya petani ngutang pupuk yang harga Rp.600 ribu. 

" Jadi dimana keberpihakan pemerintah kepada petani?” Tanya Fajar.

Untuk itu Fajar mendesak Bulog dan dinas pertanian harus tanggung jawab dan Kementerian Perdagangan harus batalkan rencana impor beras. Dan pemerintah harus bergerak dan mengintervensi harga gabah dan bulog membeli gabah petani dengan harga yang tinggi.

(H.Yaman).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RENCANA PEMERINTAH PUSAT AKAN IMFOR BERAS TAILAND, PARA PETANI SUBANG MENJERIT KARENA HARGA GABAH AKAN TURUN DRASTIS

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->