Iklan

Iklan

Operasi Zebra Lodaya Polres Purwakarta Lebih Menekankan Dikmas Lantas

26 Okt 2020, 16:36 WIB Last Updated 2020-10-26T09:36:43Z

NETSEMBILAN.COM | PURWAKARTA - Operasi Zebra Lodaya 2020 yang dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta digelar mulai hari ini, Senin (26/10/2020) hingga 8 November 2020.

"Ini hari pertama kami melaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2020. Operasi ini akan diselenggarakan selama 14 hari ke depan, terhitung 26 Oktober - 8 November 2020," ucap Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana, melalui Kasat lantas AKP Toto Herman Permana, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Pada Senin (26/10/2020).

Toto menjelaskan, dalam Operasi Zebra Lodaya 2020 di Purwakarta ada tiga jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama dalam pelanggaran itu. Yakni pengendara melawan arus, helm dan knalpot bising.

Ditambahkannya, selama Operasi Zebra Lodaya 2020 ini, pihak kepolisian nantinya akan lebih banyak melakukan tindakan preemtif dan preventif.

"Operasi ini kami lebih menekankan preentif 45%, Preventif 45% dan 10% represif, serta kita lebih banyak tentang sosialisasi dan dikmas lantas/pendidikan masyarakat lalu lintas, daripada penegakan hukum,” ujar dia.

Kendati demikian, sambung dia, orang yang ketahuan membuat pelanggaran akan ditindak.


“Kemudian untuk sanksi tindak akan kami berikan kepada para pengendara yang melanggar yang melanggar pelanggaran kasat mata seperti tidak menggunakan helm, melawan arus dan menggunakan kenalpot bising," ucapnya.

Adapun titik operasi, ia mengaku lokasinya tidak ditentukan karena sistem dadakan, begitu juga waktu operasi.

"Tidak ada razia stasioner yang menyebabkan kumpulan masyarakat.
Kerena tujuan Operasi Zebra Lodaya 2020 ini untuk menurunkan angka Kemacetan, pelanggaran dan Laka lantas," papa Toto.

Tak hanya itu, pada Operasi Zebra Lodata 2020 ini pihaknya memberikan imbauan pencegan penyebaran Covid-19 melalui memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M).

"Kami meminta semua masyarakat Kabupaten Purwakarta disiplin untuk bersama sama mencegah penyebaran virus corona atau covid- 19. Ini untuk mencegah diri agar tidak tertular maupun menularkan virus ke orang lain. Harus patuhi serta disiplin karena siapapun bisa terjangkit virus ini," Pesan Toto.


Laporan : S.F
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Operasi Zebra Lodaya Polres Purwakarta Lebih Menekankan Dikmas Lantas

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x