Iklan

Iklan

Ajibbb... Tunggangi Motor Trail Kang Jimat Bersihkan Sungai Cikembang Dibantu Warga

15 Okt 2020, 14:02 WIB Last Updated 2020-10-15T07:02:42Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Bupati Subang, H. Ruhimat, Kang Jimat, sapaan akrabnya, Hari Rabu, 14/10/20 pagi, didampingi Dandim 0605 Subang, Letkol ARH. Edi Maryono, bersilaturahmi dengan warga masyarakat Kampung Citombe Desa Buniara, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, guna mengikuti kegiatan gotong royong warga membersihkan sungai Cikembang. 

Kang Jimat yang datang dengan sepeda motor trail, menyapa warga masyarakat di sepanjang lokasi gotong royong. Bahkan Kang jimat melayani permintaan warga masyarakat yang meminta foto Selfie bersama. 

Camat Tanjung Siang, Dadan Dwiyana, S.AP, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan Kegiatan Gorol ini merupakan kegiatan pembersihan sungai Cikembang di Tanjungsiang, yang juga mengariri ke beberapa desa seperti Desa Buniara, Tanjungsiang, Sirap dan Cibuluh. 

Kampung Citombe, Desa Buniara adalah desa yang dekat dengan pegunungan yang rawan bencana, diharapkan dengan kegiatan ini dapat mengurangi resiko banjir, terlebih di bulan November diperkirakan curah hujan akan lebih tinggi. 

Dadan menyampaikan, kita harus siaga menjaga sungai, terlebih tahun 2019 yang lalu, pernah terjadi bencana Banjir Bandang yang juga menerjang Kampung Citombe RW. 001 Desa Buniara, tanggal 26 April 2019.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sebuah rumah hanyut tergerus banjir. Mudah mudahan musibah yang diakibatkan aliran sungai tidak terjadi lagi karena adanya kegotong royongan warga masyarakat. 

Kalak BPBD Kabupaten Subang H. Hidayat, S.ag.,M.Si.,menyampaikan, Kegiatan gorol yang dilaksanakan warga masyarakat secara gotong royong  termasuk upaya untuk mengurangi risiko bencana, terlebih Daerah Buniara termasuk daerah yang paling rawan longsor dan mengalami banjir bandang, 

Selain Buniara ada Desa Mayang,  sukahideung dan sukakerti yang juga rawan banjir bandang. 

Kalak BPBD merasa bangga dengan adanya gotong royong ini, kelestarian alam dan resiko bencana dapat dijaga. 

Dengan gotong royong ini, Kalak berharap tidak ada yang mengganggu kelancaran sungai Cikembang, terangnya.

Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan terimakasih yang sebesar besarnya  kepada seluruh lapisan warga masyarakat, Danramil, Babinsa, Babinkamtibmas, Seluruh Kepala Desa beserta jajaran yang dapat hadir dalam kegiatan gotong royong ini. 

Kang Jimat mengamanatkan untuk terus membiasakan gotong royong.

Kang Jimat menyampaikan Gotong royong dapat diartikan sebagai bentuk partisipasi aktif individu untuk ikut terlibat dalam memberi nilai positif pada orang-orang di sekelilingnya. 

Partisipasi aktif tersebut dapat berupa materi, keuangan, tenaga fisik,  keterampilan, bahkan berdoa. 

Kang Jimat mengatakan dengan adanya gotong royong tentunyan dapat meringankan beban pekerjaan, menumbuhkan sikap sukarela antara masyarakat, membina hubungan yang baik dengan warga dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan lingkungan. 

Kang Jimat mengajak agar kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan secara rutin, terlebih gotong royong adalah kebiasaan yang diwariskan oleh leluhur kita.

Kegiatan gorol yang dilakasanakan penting untuk dilakukan, hal ini sebagai upaya antisipasi pencegahan supaya tidak terjadi banjir bandang dan sebagainya 

Dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh Kang Jimat bantuan masker untuk warga masyaraakat yang diterima oleh Camat Tanjungsiang. 

Kang Jimat dalam kesempatan tersebut ikut turun ke Sungai cikembang dan turut membersihkan sampah dahan kayu yang melintang di aliran sungai.

Setelah membersihkan Sungai Kang Jimat bersilaturahmi dengan warga masyarakat Desa Buniara, sekaligus melihat  lokasi longsoran.
  
Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kadispemdes, Danramil TanjungSiang, Ketua PGRI Tanjungsiang, Camat Tanjungsiang beserta Jajaran, Kepala Desa  bersama jajaran Se-Kecamatan Tanjungsiang.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ajibbb... Tunggangi Motor Trail Kang Jimat Bersihkan Sungai Cikembang Dibantu Warga

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x