Iklan

Iklan

Dalam Rangka Hari Rabies Dunia Kang Akur Hadiri Vaksinasi Rabies Untuk Hewan

klikindonesia
8 Okt 2021, 17:20 WIB Last Updated 2021-10-08T10:20:16Z

NET. SEMBILAN. COM-SUBANG- Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri kegiatan vaksinasi rabies untuk hewan, dalam rangka hari rabies sedunia atau World Rabies Day (WRD) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Subang bekerjasama dengan Balai Veteriner Subang. Jum'at (8/10/21).

Kegiatan vaksinasi rabies ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, yang mana puncak World Rabies Day (WRD) tahun 2021 dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur yang dihadiri dan dibuka oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. H. Syahrul Yasin Limpo. Kegiatan puncak tersebut juga dilaksanakan secara virtual dengan seluruh kepala daerah seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa Perlunya sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, akademisi ataupun praktisi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan peran masyarakat dalam pengendalian Rabies. Dukungan dari sektor kesehatan masyarakat juga sangat diperlukan tidak hanya dalam melaksanakan kegiatan sosialiasasi dan KIE, tetapi juga dalam melaksanakan investigasi dan penilaian risiko secara bersama (join investigation dan joint risk assessment).

Partisipasi masyarakat juga sangat diperlukan terutama kesadaran untuk memelihara hewan kesayangan dengan baik termasuk tidak meliarkan hewan dan melaksakan vaksinasi rabies secara rutin sehingga target bebas (zero) rabies Tahun 2030 dapat tercapai.

Kang Akur berinteraksi langsung dengan Menteri Pertanian secara virtual, dan menyampaikan bahwa untuk status rabies di Kabupaten Subang sudah bebas sejak kasus terakhir di tahun 1995 dan Subang akan terus melaksanakan vaksinasi kepada hewan hewan agar tetap mempertahankan zero case rabies di Kabupaten Subang.

Vaksinasi setiap tahun kepada hewan penular rabies rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Untuk 3 tahun terakhir, vaksinasi tahun 2019 berjumlah 1671 ekor, tahun 2020 berjumlah 1270 ekor dan pada tahun 2021 sampai bulan September berjumlah 1002 ekor yang terdiri dari anjing 540 ekor dan kucing 462 ekor.

Dalam mempertahankan Zero cash rabies di Kabupaten Subang, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan Takgit (Tatalaksana Gigitan Terpadu) kolaborasi Dinas Peternakan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dalam menangani masyarakat yang tergigit Hewan Penular Rabies (HPR) kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) ke manusia di Kabupaten Subang tahun 2019 ada 26 kasus dan 2020 ada 19 kasus yang semuanya negatif rabies.

Dalam penanganan rabies juga Dinas Peternakan dan kesehatan hewan melaksanakan survailance kolaborasi dengan balai veteriner Subang.

Dalam pemahaman bahaya rabies Disnakeswan rutin melaksanakan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat dan mengenalkan tentang rabies ke sekolah-sekolah baik SD, SMP dan SMA serta ke komunitas pecinta hewan kesayangan di Kabupaten Subang. 

Pada peringatan hari rabies sedunia atau World Rabies Day (WRD) tahun 2021, masyarakat penyayang binatang antusias hadir halaman Disnakeswan Kabupaten Subang untuk melaksanakan penyuntikan vaksinasi rabies ke hewan kesayangannya, baik kucing, anjing maupun monyet.

Hadir pada kegiatan tersebut Kadisnakeswan Kabupaten Subang Bambang Suhendar, Kasie Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Drh. Andy H, Kasie Pelayanan Teknis Balai Veteriner Kabupaten Subang Drh. Ali Rahmawan dan jajaran.


Laporan : Jay
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dalam Rangka Hari Rabies Dunia Kang Akur Hadiri Vaksinasi Rabies Untuk Hewan

Terkini

Iklan

Close x