Iklan

Iklan

Kesal Benih Tanaman Padi Kerap Dimakan Hama Tikus

27 Des 2020, 12:22 WIB Last Updated 2020-12-27T05:22:16Z

KAB.CIREBON //- Kesal, Tanaman bibit benih padinya yang baru seumur jagung rusak diserang hama tikus. Puluhan petani desa Pegagan lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, beramai-ramai Gropyokan membasmi sarang hama tikus, Minggu (27/12/2020). 

Nampak, Para Petani Gapoktan desa Pegagan lor beramai ramai bergopyokan dengan cara manual seperti menggunakan cangkul, parit, kayu bambu dan bahan bakar (bensin) membasmi sarang hama tikus sawah yang kerap kali merusak padinya. Hasilnya, ratusan ekor tikus berumuran dewasa berhasil ditangkap para penggropyok. 

Kelompok Gapoktan diwakili Ekbang (Raksa Bumi) Desa Pegagan lor, Rohkman, mengatakan bahwa setiap jelang masa tanam benih padi ini hama tikus itu kerap menyerang tanaman benih padi sawah petani sejak masa pembenihan. Karena tikus tikus sawah ini suka memakan dan menggrogoti batang padi hingga merusak tanaman pembenihan, sehingga akan gagal tumbuh subur dan mati. Akibatnya, tanaman pembenihan padi sawah milik para petani ini tidak dapat tumbang kembang dengan subur. 

"Benih Padi yang baru tanam dan masih berusia seumur jagung ini kerap menjadi makanan tikus, usia pembenihan Padi sekira satu bulan," Ujarnya. 


Rokhman menambahkan, sejauh ini para petani di desa Pegagan lor ini sudah mencoba berbagai cara untuk membasmi hama tikus sawah. Mulai dari memasang umpan, menggunakan peralatan khusus, namun cara itu tak cukup efektip, untuk membasmi tikus tikus yang sangat merajalela di pesawahan milik para patani kita. 

Yang efektip ya cara manual ini, dengan Gropyokan kita langsung sasar lubang lubang yang menjadi tempat sarangnya. 

Walaupun dengan alat manual dan sederhana seperti Sabit, cangkul dan  pentungan serta bahan bakar bensin. Warga secara langsung beramai ramai kemudian bisa memukul tikus yang keluar sesaat dari sarang lobang tempat persembunyianya, yang disiram air maupun menggunakan bensin, tutur Rohkman. 

Harapan petani kedepanya, semoga ada upaya dari Pemerintah untuk membasmi hama tikus tikus sawah ini agar tidak membuat warga khususnya para petani Padi mengalami kerugian, Jelas Rohkman Ekbang (Raksa Bumi) Desa Pegagan lor saat ditemui awak media di blok Pemalangan sawah petani desa setempat. 



Laporan: Wadira
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kesal Benih Tanaman Padi Kerap Dimakan Hama Tikus

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->