Iklan


 

Iklan

Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah 2024, Ratusan Warga Lembursukun Purwawinangun Gelar Pawai Obor

klikindonesia
11 Apr 2024, 07:43 WIB Last Updated 2024-04-11T00:43:56Z


Net9.com // Kuningan - 
 Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024, Ratusan warga Rt  05.06.07.08 Rw 02 Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan Jawa Barat, nampak antusiasme melakukan pawai obor terbuat dari bambu dan lampu lampion mengelilingi kelurahan setempat, sambil membawa obor mereka menggemakan takbir sebagai kebahagiaan atas datangnya hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa ramadhan. Selasa (09/04/2024) malam. 

Pawai obor yang di ikuti anak-anak hingga orang dewasa itu semakin meriah dengan iringan rebana, selain menyambut hari raya idul fitri juga sekaligus menyambut kedatangan ketua Rt 05 Rw 02 Bp. Anang Sudrajat, S.Sos. yang baru pulang kampung setelah tugas dari kota bumi Lampung. 
kegiatan tersebut dimotori oleh tokoh masyarakat Lembursukun yakni Angga Setya Wijaya yang di dampingi langsung oleh bendahara Bp. Andi, S.Pd. beserta jajaran pengurus Rt-Rt setempat. 


Angga Setya Wijaya mengatakan" Pawai Obor ini sebagai bentuk ekspresi kegembiraan umat muslim merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1445 Hijriah setelah sebulan penuh berpuasa. 


" Hari kemenangan dimaksud dalam konteks Islam yakni kemenangan melawan hawa nafsu, selama sebulan. Menahan hal-hal bersifat negatif melalui ibadah puasa di bulan suci ramadhan dan puncak kemenangan adalah hari lebaran idul Fitri," Ucap Angga Setya Wijaya kepada wartawan


Menurutnya, pawai obor sudah menjadi tradisi warga kami saat malam takbir dan secara tidak langsung pawai obor dapat tercipta ukhwah islamiah dimana di dalamnya saling memberi maaf antar sesama umat muslim, " Tak ada kata indah selain saling memberi maaf dan saling memaafkan  kesalahan di masa lalu, maka dihari yang Fitri ini diajarkan bagi umat muslim untuk memperkuat hubungan silaturahim dan suasana kekeluargaan," Tuturnya

Diharapkan dengan melalui pawai Obor ini merupakan budaya leluhur yang harus dilestarikan, maka dari itu kami berharap kepada warga Lembursukun khususnya agar kegiatan seperti ini dipertahankan dan lebih maju, serta meriah lagi, " pungkasnya.

Laporan : Bobon. S
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah 2024, Ratusan Warga Lembursukun Purwawinangun Gelar Pawai Obor

Iklan


Terkini

Iklan