Iklan

Iklan

Espas Indonesia Peduli Bencana Gempa Cianjur

klikindonesia
5 Des 2022, 09:39 WIB Last Updated 2022-12-05T02:39:56Z


Cianjur, Perwakilan Emak - emak Smart Pejuang Andalan Sejati (Espas) Indonesia yang ada di 25 Provinsi seIndonesia peduli bencana gempa Cianjur. Tim Espas yang mengunjungi lokasi pengungsian ada sebanyak 16 orang yang terdiri dari sembilan anggota Espas dan tujuh Brigade Espas. 

Kepeduliannya tersebut, mereka lakukan dengan mendatangi langsung lokasi pengungsian dan memberi bantuan kepada korban bencana di wilayah Kecamatan Cugenang dan Cianjur.

Dalam pelaksanaannya Espas Indonesia juga mengajak pendongeng untuk menghibur anak - anak di pengungsian sebagai therafy trauma healing dan diberi bingkisan hasil sumbangan susu Cimory. 

Agenda kemanusiaan tersebut sudah menjadi bagian dari program Espas Indonesia sejak tahun 2017 lalu.

Ketua umum Espas Indonesia Dewi Herawati mengatakan, kegiatan serupa sudah dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia. Karena Espas Indonesia memiliki Program Espas Indonesia Peduli Bencana Nasional.

"Jadi kami komunitas emak - emak ini harus turun ke setiap ada bencana nasional di Indonesia," kata dia saat kepada wartawan, Sabtu 3 Des 2022.

Dia melanjutkan, pihaknya banyak mendapat bantuan dari Ibu Nur Asia Uno, kamudian emak - emak Espas Indonesia, komunitas kendari, Yayasan Abang Mpok Sahabat Anak (Yamsa), Cimory, emak-emak Taklim dan para donatur lainnya pun ikut berdonasi.

"Kami (Espas Peduli Bencana Cianjur) turun langsung ke lokasi pengungsian memberikan bantuan logistik, Trauma Healing kepada anak - anak korban bencana di pengungsian dan memeriksa kesehatan sekaligus memberikan obat - obatan dan vitamin," ujarnya.

Dewi Herawati menjelaskan, untuk pengumpulan logistik di koordinir oleh Sekjen Espas Indonesia Lina Kadarmini
 dan kordinator tour Espas Nurbaity, sementara  Bu Bidan Hj Gunarti sebagai kordinator kesehatan Espas juga pernah bekerja di RS Persahabatan Jaktim bersama bu Farida Ketua Espas Tambun sebagai tim kesehatan Espas yang membantu memberi obat dan vitamin ke pengungsi korban gempa cianjur.



"Ibu Nur Asia Uno juga sangat baik dan peduli kepada orang yang tertimpa musibah, jika ada bencana besar beliau selalu ikut menyumbang berlangsungnya program Espas Peduli Bencana Nasional. Ibu Nur Asia Uno ini jiwa sosialnya begitu besar dalam membantu masyarakat Indonesia," jelasnya. 

Menurut informasi, komunitas dibawah kepemimpinan Dewi Herawati itu tak segan - segan turun langsung berinteraksi dengan para korban bencanan alam dilokasi  pengungsian.

Berikut lokasi - lokasi yang pernah dibantu Espas Indonesia sejak tahun 2017

1.Espas Turun di gempa dahsyat Palu 2018.
2.Espas Turun di gempa dahsyat lombok 2017 dan 2018.
3.Espas turun di Tsunami dahsyat Banten 2019.
4.Espas turun di Tsunami dahsyat Lampung 2019.
5.Espas turun di banjir bandang lebak banten dan jasinga bogor 2020.
6.Espas turun di banjir bandang cicuruq sukabumi 2020.
7.Espas turun di banjir krawang 2019.
8.Espas turun di banjir muara gembong bekasi 2020.
9.Espas turun di bencana Erupsi Gunung Semeru di lumajang Jawa Timur Des 2021 dan Jan 2022.
10.Espas berbagi di banjir DKI. 
11.Espas turun di bencana gempa Cianjur 2022.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Espas Indonesia Peduli Bencana Gempa Cianjur

Terkini

Iklan