Iklan

Iklan

Sumbangkan Seluruh Gajinya ke Basnaz, Bupati Ruhimat Dapat Penghargaan Dari Basnaz Provinsi

klikindonesia
27 Okt 2021, 14:35 WIB Last Updated 2021-10-27T07:35:07Z

SUBANG- Bupati Subang H. Ruhimat beserta pejabat Forkopimda Subang hadir dalam Acara Launching Subang Jawara Zakat bertajuk santunan 1000 Santri Dhuafa dan Baznas Subang Award tahun 2021 di Pendopo Abdul Wahyan, Rabu (27/10/2021)

Subang Jawara Zakat 2021 merupakan program Baznas Subang yang memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya ASN dalam menyalurkan kewajiban Zakat maupun infak dan sodakoh. selain itu dilaksanakan pula penyerahan secara simbolis santunan kepada 1000 santri dhuafa se Kabupaten Subang.

Dalam Laporannya ketua Pelaksana acara Iteng Sukarya S.Pd.I menyampaikan bahwa pemberian santunan 1000 Santri dhuafa tersebut sebagai momentum untuk meningkatkan para Muzaki di Kabupaten Subang. Paket Santunan yang diberikan senilai 500 ribu rupiah/santri berupa Sarung/mukena, Alqur'an dan uang tunai Rp. 300.000,- yang diberikan secara bertahap kepada 1000 Santri hingga bulan Desember 2021.

Sementara itu menurut Ketua Baznas Subang DR. KH. Musyfiq Amarullah, LC, M.Si Sejak dilantik pihaknya telah melaksanakan rekruitment Sumber Daya Manusia membentuk UPZ yang diantaranya yaitu mengangkat 35 staf, membentuk 968 UPZ yang terdiri dari 253 UPZ Desa, 30 UPZ Kecamatan, 15 UPZ Organisasi perangkat Daerah dan 670 UPZ mesjid dan pesantren. Selain itu telah terbentuk pula Lembaga penyaluran Zakat Baznas Subang yaitu Baznas Tanggap Bencana (BTB), Layanan Aktif Baznas (LAB), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahiq (LPEM) dan Micro Finance Indonesia yang dibentuk sebagai solusi mengatasi keberadaan bank emok.


KH. Musyfiq mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati Subang atas dukungannya dalam meningkatkan penerimaan Zakat di Kabupaten Subang melalui Perbu Nomor 25 tahun 2021 terkait kewajiban zakat untuk para PNS dan Surat edaran himbauan kewajiban membayar Zakat untuk Non PNS dan perusahaan di Kabupaten Subang. Ia menegaskan bahwa Baznas Subang telah berupaya menjalankan kinerjanya dan membuktikan integritasnya dalam menerima, mengelola dan mendistribusikan amanah para Muzaki. Dengan di launchingnya Subang jawara Zakat agar memotivasi para PNS dan masyarakat untuk menitipkan dan menyerahkan zakat infak shodakohnya ke baznas Subang.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Baznas Jawa Barat Drs. Anang Jauharudin M.M.Pd memberikan apresiasi atas berbagai inovasi dan kinerja Baznas Subang dibawah kepemimpinan KH. Musyfiq Amarullah yang semakin meningkat serta peran Kang Jimat sebagai Bupati Subang yang telah menjadi pelopor dalam memberikan keteladanan baik dalam bentuk dukungan perbup dan Kebijakan terkait Zakat juga melalui contoh langsung dengan memberikan gajinya ke baznas. "Terima kasih sudah menjadi pelopor sebagai satu-satunya bupati di jawa barat yang menyetorkan gajinya ke baznas" ujarnya. 

Anang menjelaskan bahwa sebelum menjadi ketua Baznas Jawa Barat ia menjabat sebagai Ketua Baznas Subang dan membenarkan bahwa Kang Jimat sejak pertama kali menjabat menyerahkan gajinya ke Baznas Subang dan dirinyalah yang menerima langsung gaji Bupati. Dengan keteladanan pimpinan daerah dan pengurus Baznas Subang dirinya mendoakan semoga baznas subang menjadi baznas terbaik di tanah air. Atas nama pengurus Baznas Jawa Barat dirinya memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah Kabupaten Subang atas rencana hibah sebesar 1 Milyar Tahun Anggaran 2021 untuk Baznas Subang dan menginformasikan bahwa awal bulan depan akan ada bantuan dari Baznas Provinsi Jawa Barat untuk Kabupaten Subang berupa bantuan Dapur Nasional sebanyak 3000 paket. Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula Penghargaan bupati peduli Zakat dari Baznas Provinsi tahun 2021 kepada kang Jimat. "Hanya bentuk lembaran tapi ini bentuk penghormatan yang luar biasa kepada bupati Subang" ujar anang.


Dalam sambutannya Kang Jimat sapaan akrab orang nomor 1 Subang tersebut mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada pengurus Baznas Kabupaten Subang atas Gerakan dan berbagai inovasi baru dalam membangun kesadaran masyarakat Subang khususnya para ASN dalam membayar kewajiban zakat. Dirinya berharap dengan di launchingnya Subang Jawara Zakat akan meningkatkan motivasi masyarakat dan ASN dalam membayar Zakat yang di kelola secara profesional. Dengan semakin profesionalamya pengelolaaan zakat di kabupaten Subang diharapkan akan membantu mengentaskan kemiskinan di kabupaten Subang menuju Subang Jawara.


Kang Jimat turut mengucapkan selamat kepada peraih penghargaan Baznas Subang Award dan berharap agar dapat dijadikan motivasi untuk lebih aktif menjalankan kewajiban membayar zakat. "Yang terpenting masyarakat dan ASN semangat berzakat dan semoga Subang penuh keberkahan dengan membayar zakat" tutur Kang Jimat.


Terkait perihal gajinya yang diserahkan ke Baznas Subang Kang Jimat mengatakan dirinya tidak bermaksud apa-apa namun tidak lain karena merasakan betul 47 tahun yang lalu dirinya pernah mendapat santunan dari orang dermawan yang ia coba untuk berbuat hal yang sama. Ia mengatakan tidak dalam keadaan terpaksa dalam memberikan gajinya ke Baznas. "Saya bukan memberi tapi menabung, saya simpan di baznas saya percaya 100% akan mampu menyalurkan dengan baik sesuai harapan" ucapnya yang menutup sambutannya dengan peresmian Subang Jawara Zakat


"Dengan ucapan bismillahirahmanirrohim launching Subang Jawara Zakat dengan ini saya buka"


Berikut adalah daftar penerima penghargaan Baznas Subang Award 2021:

Penghargaan Kategori UPZ OPD Teladan diberikan kepada IRDA subang,  BkPSDM dan Setda Subang

Kategori Muzaki Perorangan diberikan kepada Agus Masykur Rosyadi dan Sunengsih serta Kategori Perusahaan Pelopor Zakat diberikan kepada PT. Nawa wijaya kusuma. Sementara itu penghargaan Pelopor Zakat oleh Baznas Kabupaten Subang diberikan kepada H. Ruhimat


Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Baznas Jawa Barat, Kapolres Subang, Dandim 0605 Subang, Kajari Subang, perwakilan danyonif 312 dan lanud suryadarma, para Asisten Daerah dan kepala bagian sekretariat daerah Subang, kepala perangkat daerah ketua MUI, pengurus Baznas Kabupaten Subang serta secara virtual dihadiri pula oleh Camat dan Santri Se Kabupaten Subang. (Jay) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sumbangkan Seluruh Gajinya ke Basnaz, Bupati Ruhimat Dapat Penghargaan Dari Basnaz Provinsi

Terkini

Iklan

Close x