Iklan

Iklan

Seleksi Akademis Pilwu Serentak Akan Dilaksanakan Oleh UMC

klikindonesia
5 Okt 2021, 21:32 WIB Last Updated 2021-10-05T14:32:37Z

NET.SEMBILAN-CIREBON-
Pemerintah Kabupaten Cirebon akan mengandeng UMC untuk melakukan seleksi akademis bagi bakal calon kuwu. Hal tersebut dilakukan karena ada beberapa desa yang memiliki bakal calon lebih dari lima orang.

Bupati Cirebon Drs.H.Imron, M.Ag mengatakan, sebanyak 19 desa yang tahun ini menggelar pemilihan kuwu serentak memiliki calon lebih dari 5. Yang terbanyak yaitu di Desa Gempol Kecamatan Gempol memiliki bakal calon kuwu sebanyak 14 orang.

"Akan dilaksanakan seleksi akademis berkerja sama dengan UMC, sehingga diharapkan bisa dihasilkan calon kuwu yang memiliki nilai terbaik," kata Imron di Gedung Setda Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Selasa (5/10/2021).


Dalam rapat koordinasi persiapan seleksi akademis ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, tim fasilitasi, tim pengawasan dan tim Keamanan Pilwu, Rektor dan tim seleksi dari Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) sebagai penguji akademis para bakal calon kuwu. Seleksi tersebut akan dilakukan pada pertengahan Oktober ini.

Imron mengatakan, pemilihan kuwu sangat berbeda dengan pemilu (pilkada/pileg) lantaran antusiasme masyarakat sangat tinggi. Pemerintah pun meminta kepada aparat keamanan untuk memetakan titik yang berpotensi menimbulkan konflik. "Perlu adanya perhatian khusus ," kata Imron.


Rektor UMC Arif Nurudin, MT. menekankan bahwa, Prinsip Pelaksanaan Seleksi Akademis bakal calon kuwu nanti yaitu
 Netral / Non-Intervensi
, Objektif
, dan Transparan. Selain itu bahwa sebelum pelaksanaan seleksi akademis  nanti, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan simulasi dan pemberian modul materi yang akan di ujikan, sehingga diharapakan para peserta tes memiliki kesiapan dalam pelaksanaannya.

Kepala DPMD Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana mengatakan, tahapan pemilihan kuwu di Kabupaten Cirebon saat ini sudah melewati penjaringan tahap 2.
"Dari 135 desa yang melaksanakan Pilwu, terdapat 19 desa yang bakal calonnya akan mengikuti test akademis dengan jumlah peserta sebanyak 138 orang bakal calon kuwu" katanya. (DISKOMINFO)



Laporan : SRN
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seleksi Akademis Pilwu Serentak Akan Dilaksanakan Oleh UMC

Terkini

Iklan

Close x