Iklan

Iklan

Peringati Hari Pramuka Ke-60, Wakil Bupati Subang; Pramuka Berbakti Tanpa Henti

klikindonesia
14 Agu 2021, 19:43 WIB Last Updated 2021-08-14T12:43:42Z

NET. 9.COM-SUBANG- Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi yang juga Wakil Ketua MABICAB Gerakan Pramuka Kabupaten Subang, bertindak menjadi inspektur upacara pada upacara peringatan puncak hari Pramuka ke-60 tingkat Cabang Subang tahun 2021. Adapun upacara ini dilaksanakan di halaman Puri Kitri Pramuka Kwarcab Subang. Sabtu (14/8/21).

Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi yang membacakan amanat sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyampaikan bahwa 14 Agustus 2021 merupakan hari yang disambut dengan sukacita oleh para anggota gerakan Pramuka, karena organisasi kepramukaan telah genap berusia 60 tahun. "Sekalipun sesungguhnya gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia jauh lebih tua, namun sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah pecah melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut gerakan Pramuka." Ujar Kang Akur. Dirinyapun menyampaikan, peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kepada tuhan atas nikmat persatuan dalam wadah tunggal gerakan Pramuka.

Tema Hari Pramuka dan peringatan 60 tahun gerakan Pramuka tahun ini adalah "Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi Kebiasaan Baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional". Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah "Pramuka berbakti tanpa henti". 

Gerakan Pramuka meskipun bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa Satya dan darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan. 

Hal tersebut sejalan pula dengan arahan Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam Hari Pramuka tahun lalu agar para Pramuka melaksanakan dua gerakan. Gerakan kedisiplinan nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan Simpati menolong sesama. 

Selanjutnya, Kang Akur mengajak para Pramuka untuk menjadi duta perubahan perilaku. "diharapkan pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luar agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi covid 19." Ujar Kang Akur. 

Kang Akur juga mengajak penggerak Pramuka terus berkegiatan kepramukaan tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salurkan kreativitas Pramuka dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tidak melanggar protokol kesehatan namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira. Dari kegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat yang juga meningkatkan imunitas tubuh. 

Di akhir sambutannya, Kang Akur mengajak gerakan Pramuka untuk tetap bersemangat tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap berusaha membantu yang memerlukan pertolongan. "Jangan pernah menyerah serta berputus asa melainkan kita Tunjukkan bahwa pramuka dapat tulis bergiat dan berbakti tanpa henti." Tutupnya. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekda Subang H. Asep Nuroni, Ketua Kwarcab Subang H. Cecep Supriatin, Kadisdikbud, tokoh pramuka dan para pengurus Kwarcab Subang.


Laporan : Jay
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Hari Pramuka Ke-60, Wakil Bupati Subang; Pramuka Berbakti Tanpa Henti

Terkini

Iklan

Close x