Iklan

Iklan

Bahas Soal HIV AIDS Sekda Subang Kunjungi Kantor KPA

klikindonesia
27 Mei 2021, 19:25 WIB Last Updated 2021-05-27T12:25:50Z

NET9.COM | SUBANG- Sekertaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si., melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Subang sekaligus membahas persoalan tentang HIV-Aids di Kabupaten Subang. Kamis 27 Mei 2021.

KPA sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga koordinasi lintas sektor dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten Subang, merumuskan kebijakan upaya P2HIV serta mendorong seluruh perangkat daerah, lembaga, organisasi, komunitas, LSM dan masyarakat, untuk turut serta berperan aktif sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, dalam melakukan upaya promosi pencegahan penularan HIV secara komprehensif, mengurangi stigma, melakukan pemetaan populasi kunci, mendorong maksimalnya akses pelayanan kesehatan dalam mendukung perawatan dan pengobatan bagi ODHA agar semakin Sejahtera, produktif, adil dan sejahtera.

Dalam kunjungan perdana nya ini, Sekda Subang Kang Asep sekaligus ketua pelaksana harian Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Subang menjelaskan, pentingnya edukasi dan evaluasi HIV-Aids di kalangan masyarakat. Perlu adanya peningkatan perhatian pada sektor HIV-Aids dilihat dari angka kematian karena Aids pun cukup signifikan. Dengan gaya hidup di era modern, cukup beresiko juga terhadap penularan virus HIV-Aids yakni dengan adanya pergaulan bebas, hubungan seks bebas dan faktor beresiko lainnya. Lalu harus adanya koordinasi dengan dinas, komunitas, dan lembaga untuk peningkatan pengawasan di sektor tempat tinggal sementara (kontrakan/kos-kosan) agar tidak terjadinya resiko penularan HIV-Aids dan diharapkan adanya peningkatan komunikasi yang perlu bersinergi supaya tingkat penularan HIV-Aids bisa menurun.

Dalam kesempatan singkat kali ini, Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit sekaligus sekertaris KPA Kabupaten Subang memaparkan, berdasarkan data ada 2.385 Kasus sejak tahun 2010 dengan angka kematian 300 dan angka yang berobat 600. Berharap kasus-kasus ini bisa ditangani dengan lebih baik kedepannya agar tingkat penularan bisa menurun.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Aids Kabupaten Subang beserta jajarannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, perwakilan Bidang Kesejahteraan rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Subang.



Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bahas Soal HIV AIDS Sekda Subang Kunjungi Kantor KPA

Terkini

Iklan

Close x