Iklan


 

Iklan

Pemkab Lahat Gelar Rapat Persiapan Vaksinasi

klikindonesia
14 Jan 2021, 20:54 WIB Last Updated 2021-01-14T13:54:45Z

NET9.COM-LAHAT-
Penanganan penyebaran Covid-19 merupakan hal yang mendapatkan perhatian sangat serius dari Pemerintah baik itu Pusat maupun daerah, ditengah semakin meningkatnya angka terkonfirmasinya pasien Covid-19 di Indonesia, Pemerintah telah mengambil langkah interfensi untuk menanggulangi pandemi dimaksud berupa pemberian Vaksinasi.

Terkait rencana Pemerintah memberikan Vaksinasi & Imunisasi covid-19 dimaksud diatas, Pemkab Lahat menggelar rapat persiapan bersama tim gugus tugas Covid- 19, terkait hal tersebut.

Rapat tersebut langsung dihadiri oleh Wakil Bupati Lahat, Dandim 0405/Lahat, Kapolres Lahat, Ketua Penadilan Negeri Lahat, Sekwan, Asisten I Pemkab Lahat dan Gugus Tugas Covid- 19 Kabupaten Lahat. Bertempat di ruang Op Room Pemkab Lahat, Kamis (14/01/2021).

Paparan yang disampaikan oleh pihak Dinas Kesehatan yang disampaikan oleh Taufiq Maryansa Putra, SKM, MM, menyampaikan
diinformasikan berbagai hal terkait pelaksanaan imunisasi antara lain manajemen pengelolaan vaksin seperti penyimpanan vaksin disuhu 2-8 derajat, kemasan multi dose, lama perlindungan panjang minimal 1 tahun, platform yang sama untuk memudahkan evaluasi.

"Untuk yang akan menerima Vaksinasi ini ada 4 tahapan, untuk yang pertama akan diberikan kepada tenaga kesehatan, tahap kedua petugas pablik dengan lansia, tahap ke tiga pelaku usaha dan tahap keempat masyarakat Kabupaten Lahat," jelasnya.

Masih katanya untuk alur Pelayanan vaksinasi yang terbagi dalam 4 tahapan yaitu Meja 1 (pendaptaran) Melalui e-ticket dan ditindaklanjuti oleh petugas dengan verifikasi NIK, Meja 2 (Skrining) Pemeriksaan kondisi kesehatan, dilakukan dengan menggunakan aplikasi PCare, Meja 3 (Vaksinasi)
Vaksinasi secara intra muskular sesuai prinsip penyuntikan aman, Meja 4 (pencatatan dan observasi) Pencatatan hasil pelayanan di aplikasi PCare, observasi selama 30 menit untuk memonitor.

Untuk vaksin yang akan disalurkan di 33 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lahat, 2 Rumah Sakit, disini saya menghimbau bahwa vaksin ini halal untuk digunakan dan jangan takut, hindari berita- berita yang tidak benar. Covid- 19 ini ada perang bersama mari kita
bergadeng tangan untuk memerangi Covid- 19 di Indonesia terkhusus di Bumi Seganti Setungguan yang kita sayangi ini," ajaknya.


Sementara Wakil Bupati Lahat, H, Haryanto, SE,MM, MBA, menghimbau seluruh pihak terkait untuk mendukung demi menyukseskan vaksinasi tersebut.

Saya harap kita semua bisa mendukung untuk menyukseskan vaksinisasi. Mari bersama kita sosialisasikan kepada seluruh masyarakat bahwa dalam waktu dekat kita akan melaksanakan vaksinisasi," ucapnya.

Selain itu, Wakil Bupati juga membahas terkait pengamanan vaksin tersebut nantinya jika telah didistribusikan ke Kabupaten Lahat. Salah satu upayanya adalah menyimpan vaksin tersebut digudang farmasi dan beberapa puskesmas yang memenuhi syarat.

"Untuk Puskesmas yang akan menerima vaksin tersebut harus dicek kesiapanya, salah satunya mempunyai Kulkas guna menyimpan vaksin dan persiapan- persipan lainya, ucapnya.


Laporan: Tim/net9
Redaksi : Sls
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Lahat Gelar Rapat Persiapan Vaksinasi

Iklan


Terkini

Iklan