Iklan

Iklan

Limbah B3 PT. Kalog Diduga Rusak Lahan Sawah di Kecamatan Tanjung Jambu Kabupaten Lahat

klikindonesia
9 Jan 2021, 17:48 WIB Last Updated 2021-01-09T11:00:14Z

NETSEMBILAN.COM | LAHAT - Masyarakat Desa Muara Lawai dan Desa Tanjung Jambu, Kecamatan Tanjung Jambu, Kabupaten Lahat, Sumatera Utara mengeluhkan pencemaran lingkungan dari Benda Berbahaya dan Beracun (B3) yang dihasilkan dari produksi pertambangan batu bara PT. Kalog. Jumat (08/01/2021).

Kepala Desa (Kades) Muara Lawai, Johan Rapani mengatakan, agar perusahaan tersebut untuk bertanggung jawab untuk dapat memperbaiki serta menormalkan kembali kondisi lingkungan desanya yang tercemar limbah B3 produksi batubara.

"PT. Kalog juga wajib dengan segera memberikan kompensasi terhadap warga yang sawahnya terkena dampak limbah tersebut," katanya.

Sedangkan Adi Poltak, salah seorang pemilik sawah warga Desa Tanjung Jambu Merapi Timur, Kabupaten Lahat, mengeluhkan lahan sawahnya terancam gagal panen akibat tercemar limbah B3 yang diduga berasal dari PT. Kalog.

"Kerusakannya sangat parah. Padi jadi terlihat kriting," keluh Adi.

Kondisi lahan pertanian di Desa Muara Lawai dan Tanjung Jambu, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Lahat, Sumatera Utara, rusak parah akibat terkena limbah cair B3 yang diduga berasal dari produksi pertambangan batu bara PT. Kalog

Adi Poltak mengaku sudah menggarap sawah miliknya puluhan tahun, dan baru kali ini tercemar air limbah B3 berwarna hitam pekat batubara. Untuk itu PT. Kalog diminta untuk bertanggungjawab atas apa yang terjadi.

"Apabila tidak ada respon dari pihak PT. Kalog, kami akan melayangkan surat pengaduan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat dalam waktu dekat ini terang," tegas Adi.

Terpisah saat dikonfirmasi awak media kepala UPT Kalog bernama Adhi dia tidak berada ditempat ketemu salah satu karyawan bernama Rizki ia mengatakan saya tidak bisa memberikan komentar karena bukan kewenangannya.


Laporan : (frengki)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Limbah B3 PT. Kalog Diduga Rusak Lahan Sawah di Kecamatan Tanjung Jambu Kabupaten Lahat

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->