Iklan

Iklan

Lestarikan Budaya Buhun Kades Sidamulya Gelar Ruatan Bumi

25 Okt 2020, 18:58 WIB Last Updated 2020-10-25T11:58:02Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Hari ini warga Desa Sidamulya mengadakan acara tradisi tahunan menyambut musim tanam padi, yang biasa disebut Ruwatan Bumi, ada pula yang menyebutkan sedekah bumi, minggu, 25/10/20.

Acara dimulai mulai pukul 08.00 di alun" Desa Sidamulya, yang dihadiri oleh seluruh anggota lembaga" yang ada di desa tersebut, pemdes Sidamulya, MUI, BPD, Lpm, tokmas, tokoh adat, dan lembaga lainnya.

Selain itu juga turut memeriahkan acara ruatan bumi tersebut para warga masyarakat Desa Sidamulya, dari tiap-tiap dusun.

Doa bersama, mensyukuri atas nikmat tuhan, bahwa kita masih diberikan umur sampai saat ini sehingga kita diberi kesempatan oleh Alloh SWT untuk bercocok tanam kembali, menjadi ritual husus pertanda dimulainya acara.

Kemudian berkirim doa utk para leluhur yg telah mendahului kita, dan doa meminta keberkahan dan kesuburan di masa tanam sekarang sampai panen nantinya.

Usai doa, acara dilanjutkan dengan pawai puluhan traktor keliling desa sebagai simbol rasa sukur kepada allah SWT.

Disampaikan Kades Sudamulya, Warto yang akrab disapa mang Wiro, usai acara, makna yang terkanadung dari acara tersebut diantaranya; mempererat tali silaturahmi, menjaga persatuan kesatuan, menjaga nilai" kekeluargaan, berdoa utk kebaikan dan keberkahan serta melestarikan adat dan tradisi yang sdh diwariskan secara turun menurun.

Sebagai budaya buhun, tambah mang Wiro, ruatan bumi atau sedekah bumi ini memang sebuah budaya yang harus kita pertahankan agar tidak punah.

Karena walau lahirnya bukan dari agama yang kita anut saat ini, namun ada nilai-nilai positif didalamnya, pungkas Wiro.

Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lestarikan Budaya Buhun Kades Sidamulya Gelar Ruatan Bumi

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x