Iklan


 

Iklan

Bupati Subang Kunjungi Desa Cimanggu

klikindonesia
26 Sep 2020, 15:04 WIB Last Updated 2020-09-26T08:04:10Z



NET9 - Bupati Subang, Haji Ruhimat, atau  Kang Jimat, didampingi Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, bersilaturahmi dengan masyarakat Kp. Panyeredan RT. 13 RW 4 Desa Cimanggu.  Dalam rangka kegiatan Monalisa (Mondok Mengenali Desa) hari Jum’at 25 September. 


Sebelum tiba ke lokasi kegiatan Kp. Panyeredan, Kang  jimat menyapa warga masyarakat di Lapang Olahraga Voli di Kp. Sukahurip RT. 12/04 Desa Cimanggu dan menyerahkan bantuan alat olahraga untuk warga masyarakat yang sedang berolahraga. Selanjutnya Kang Jimat bersama jajaran dengan menggunakan motor, bersama sama ke bukit pasir Jaka, untuk melakukan penanaman bibit pohon Alpukat. 


Bibit pohon alpukat tersebut di supply oleh  Pusbikat yang berkantor di kilometer 3 Baran, Gembongan, Jalan Ambarawa, Bandungan, Kabupaten Semarang yang Salah satu tugas pokok fungsi Pusbikat yakni menjalin kerja sama dengan petani alpukat yang masih kesulitan menghasilkan buah dengan kualitas baik. 


Alpukat Wina salah satu bibit yang ditanam, berdasarkan informasi dari  Agus Riyadi dari Pusbikat ambarwa mengatakan cukup menjanjikan hasilnya. Satu buah bisa mencapai berat 2 kg dan mampu bertahan dalam waktu relatif lebih lama mampu bertahan hingga waktu 2 minggu. Kemudian, selain itu kulitnya cukup keras.  Untuk yang umur 4 tahunan produksi rata-rata per pohon baru 30-40 kg 


Agus Riyadi yang juga Ketua Asosiasi Petani Alpukat Kabupaten Semarang (Apas), mengatakan, pasar alpukat yang sangat menjanjikan. untuk itu, pihaknya saat ini tengah mengembangkan alpukat Wina.  Harga jual alpukat saat ini stabil dan laku di pasaran untuk kelas A sekarang ini per kilonya Rp21 ribu, kelas B Rp15 ribu, kelas C Rp11 ribu dan kelas D Rp5 ribu. 


Kang Jimat mengatakan Jangan anggap remeh petani. Profesi ini dapat menghasilkan rejeki tidak terduga. Penghasilan hingga ratusan juta rupiah diperoleh jika pekerjaan itu ditekuni dengan baik. Salah satu hasil menjanjikan dari pertanian diperoleh dengan proses pembibitan dan budi daya alpukat. Kang jimat juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan tiap jengkal lahan di rumahnya untuk dimanfaatkan untuk budidaya tanaman produktif, seperti jahe. Kalaupun terbatas dapat memanfaatkan media karung atau polybag yang tidak ribet dan tidak memakan tempat besar namun hasilnya bisa tinggi.


Setelah penanaman pohon Alpukat, Kang jimat bersama jajaran bergerak ke Kp. Panyeredan untuk mengikuti kegiatan Monalisa selanjutnya yaitu bersilaturhami dengan warga masyarakat.



Laporan: Jayalangit

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Subang Kunjungi Desa Cimanggu

Iklan


Terkini

Iklan