Iklan

Iklan

Diklat Jurnalis Ke V Dengan Tema Tugas Jurnalis Dihadapkan Hukum Positif di Indonesia

klikindonesia
30 Jun 2022, 06:07 WIB Last Updated 2022-06-29T23:07:09Z


Netsembilan.com Diklat Jurnalis Ke V Dengan Tema Tugas Jurnalis Dihadapkan Hukum Positif di Indonesia yang Dimotori oleh Achmad Sunarya selaku CEO Media online Mind.co.id, dan menghadirkan dua Narasumber yakni dari Praktisi hukum Toni RM dan Agung Nugroho dari media online Cirebon raya serta dihadiri 35 peserta wartawan berlangsung antusias bertempat di Hotel wiwi perkasa 2, Rabu (29/6/2022).

Perlunya wawasan dalam menjalankan jurnalis itu sangat penting dan bagimana strategi kita untuk menghasilkan karya tulisan supaya tidak berbenturan dengan Sara  (Suku Agama dan Ras antar Golongan) jangan sampai jadi bumerang yang akan dihadapkan dengan hukum, untuk mendongkrak minat baca juga perlu ada upaya yang baik dari seorang penulis," Kata Agung Nugroho.

Ditempat yang sama Toni RM " sebagai Wartawan langkahnya pun sudah dilindungi oleh Undang-undang tentang Pers yaitu nomor 40 tahun 1999 ayat 1 dan 2, dan itu tidak menjadikan acuan kita bertindak semena-mena tentunya ada kode etik tentang Tupoksi sebagai jurnalis atau wartawan dalam menjalankan tugasnya yang telah diatur oleh Dewan Pers.

Dengan adanya Diklat dengan tema tugas jurnalis dihadapkan hukum positif di Indonesia tentunya akan menjadikan wartawan dalam tugasnya lebih profesional lagi maka diulas kembali secara detail Undang-undang pers bertujuan dalam menjalankan kejurnalisannya lebih matang ketika dihadapkan masalah hukum".

Agung Nugroho menyampaikan " intinya profesional itu sangat penting bagi wartawan dalam upaya menjalankan tugasnya bisa melaksanakan sesuai fungsi dan juga terhindar dari jebakan-jebakan hukum, dirinya berharap tetap memegang profesionalisme sebagai jurnalis menurutnya jurnalis merupakan kepanjangan dari masyarakat dan merupakan profesi terhormat secara spesifikasi sebagai penyambung lidah masyarakat maupun steakholder tentunya berhubungan dengan tugas menjadi seorang jurnalis".

CEO Min co.id mengapresiasi kegiatan tersebut Menciptakan seorang jurnalis handal itu tidak mudah, berharap kegiatan tersebut menjadi implementasi sesuai harapan kita semua menurut kaidah dan aturan dirinya berharap pula untuk kedepannya akan menjadikan kaidah lebih baik," Tuturnya. (Ari)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diklat Jurnalis Ke V Dengan Tema Tugas Jurnalis Dihadapkan Hukum Positif di Indonesia

Terkini

Iklan

Close x