Iklan

Iklan

Wujudkan Zero Stunting di Kabupaten Subang, Kang Jimat Pimpin Rembuk Bersama Forkopimda

klikindonesia
23 Agu 2021, 16:46 WIB Last Updated 2021-08-23T09:46:11Z


SUBANG- Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Wakil Bupati Agus Masykur Rosyadi serta jajaran Forkopimda Subang menghadiri sekaligus membuka kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Subang 2021 di Ruang Rapat Segitiga Rumah Dinas Bupati, Senin (23/8/2021).

Rembuk stunting merupakan sebuah wadah musyawarah semua pihak, dalam rangka menurunkan prevalensi dan intervensi penanganan stunting. Adapun tujuan rembuk ini sendiri adalah menghasilkan komitmen yang terbaik, dalam upaya mewujudkan zero stunting di Kabupaten Subang.

Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan bahwa stunting merupakan kekurangan gizi kronis, yang penanganannya dimulai dari 2 tahun pertama kehidupan sang anak. Oleh karena itu, dirinya mengajak kepada seluruh pihak untuk menangani masalah stunting secara menyeluruh. Dirinya juga menegaskan untuk pemantauan status gizi kelompok rentan dan pemenuhan layanan rutin gizi untuk ibu, bayi dan balita tidak boleh berhenti. “baik secara langsung maupun dengan menggunakan teknologi informasi. sehingga walaupun kita berada dalam kondisi pandemi, gizi ibu, bayi dan balita tetap terjaga.” Ujarnya.

Adapun point penting yang disampaikan oleh Kang Jimat pada kegiatan Rembuk tersebut, yaitu :
1. Kaji secara mendalam permasalahan yang terjadi dalam menurunkan angka stunting, dan terus pro aktif mencegah serta menelusuri bayi dan balita yang berpotensi stunting.
2. Lakukan analisis yang tepat dalam merumuskan kebijakan penurunan angka stunting.
3. Susun strategi dan aksi yang tepat dan menyeluruh dengan melibatkan semua pihak dan semua unsur terkait. Termasuk meningkatkan partisipasi masyarakat, dan pihak swasta.
4. Lakukan sinergitas kegiatan dan koordinasi semua pihak dalam upaya penurunan angka stunting.
5. Bangun komitmen publik dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Subang sehat dengan meningkatkan kualitas gizi anak menuju zero stunting tahun 2023.

Kang Jimat juga mengucapkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tim satgas stunting Kabupaten Subang, perangkat daerah serta Forkopimda Kabupaten Subang yang mendukung program rembuk dalam pengupayaan penurunan stunting di Kabupaten Subang. Dirinya juga berharap sinergi antara pemerintah kabupaten subang dengan jajaran Forkopimda semakin baik, sehingga zero stunting di kabupaten subang segera terwujud. 

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pula Penandatanganan Komitmen Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2021 oleh seluruh pejabat Forkopimda Subang.


Hadir dalam kegiatan tersebut di Ruang Rapat Segitiga Sekda Subang H. Asep Nuroni, S.Sos. M.Si serta Jajaran pejabat Forkopimda diantaranya Ketua DPRD Subang H. Narca Sukanda S Sos., perwakilan Danlanud Suryadarma dr. Indria Sari, S.pB, MPH, Kasdim 0605 Subang Mayor (Inf) Yuyum Rubiyansah S. Pd, M. M., Pasiops Yonif 312/KH Lettu Inf Bugner Siboro, Komandan Subdenpom III/2-3 Subang Lettu (Cpm) Yayan Heryanto S.H, Kepala BP4D Hari Rubiyanto serta ketua TP PKK Kab. Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat. Sementara itu Para kepala OPD, Camat, kepala desa, serta kepala Puskesmas Se-Kabupaten Subang, mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.(Jay) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wujudkan Zero Stunting di Kabupaten Subang, Kang Jimat Pimpin Rembuk Bersama Forkopimda

Terkini

Iklan