Iklan

Iklan

Menteri KKP Trenggono Tinjau Rencana Pelabuhan Karangsong Bersama Bupati Indramayu

klikindonesia
14 Mar 2021, 16:57 WIB Last Updated 2021-03-14T09:57:46Z


NET9.Com INDRAMAYU - Bupati Indramayu, Nina Agustina, mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi Pelabuhan Perikanan Karangsong Indramayu, Jawa Barat Minggu (14/3/2021). 

Sementara itu, Bupati Nina Agustina mengungkapkan potensi perikanan di Kabupaten Indramayu merupakan potensi terbesar di Jawa Barat yang meliputi 4 sub sektor yakni perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan perikanan dan garam. 

"Pelabuhan yang berfungsi salah satunya sebagai bongkar muat, distribusi dan pemasaran ikan serta data produksi hasil penangkapan ikan, maka peran KKP dalam mengelola pelabuhan harus maksimal," Terangnya.

"Dikatakannya, rencana pembangunan Pelabuhan Karangsong merupakan gerbang utama peningkatan produksi perikanan tangkap di Kabupaten Indramayu, apalagi kondisi saat ini, status Pangkalan Pendaratan Ikan Indramayu dengan jumlah kapal yang banyak dan besar," katanya.

"Dalam 99 program prioritas juga akan meningkatkan status Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Karangsong menjadi pelabuhan perikanan nusantara/samudra," Terangnya. 

"Untuk program terobosan yang disampaikan Menteri Trenggono, guna peningkatan PNBP, potensi PAD serta upaya mensejahterakan masyarakat nelayan di Kabupaten Indramayu dan semoga semuanya bisa segera berjalan, karena ini untuk kemajuan Indramayu," ujar ibu Nina. 

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan, jika kondisi  Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sub sektor perikanan tangkap saat ini menuju Rp12 triliun, Tujuan dari program ini salah satunya untuk mendorong perbaikan kualitas infrastruktur pelabuhan perikanan di Indonesia. 


"Untuk teknisnya ada (Ditjen) Perikanan Tangkap Dan kita harus rutin koordinasi supaya program bisa segera diimplementasikan," ujarnya.

"Pelabuhan perikanan menurutnya harus memiliki standar infrastruktur yang memadai supaya kualitas produksi perikanan ikut terjamin, Apalagi ikan yang mendarat di Pelabuhan Karangsong cukup banyak lebih dari 18.445 ton pada tahun 2020 atau mencapai senilai Rp365 miliar, TPI Karangsong Ini harus Dibangun," Jelas Menteri Trenggono. (Ari)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menteri KKP Trenggono Tinjau Rencana Pelabuhan Karangsong Bersama Bupati Indramayu

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->