Iklan


 

Iklan

Hujan Semalaman Bikin Sungai Ciputis Meluap, 16 Rumah di Majalengka Terendam Banjir

klikindonesia
15 Jan 2021, 17:34 WIB Last Updated 2021-01-15T10:34:55Z

MAJALENGKA //- Akibat hujan lebat yang menguyur sejak Kamis, 14 Januari 2021 sore, puluhan rumah warga di dua desa di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terendam banjir. Ketinggian banjir mencapai satu meter, sekira pukul 21.00 WIB.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, dua desa yang terendam berada di Blok Anjun, Desa Kadipaten dan di Blok Duku Domba, Desa Liangjulang. Sedangkan, total rumah yang terendam ada sekira 16 rumah terdampak akibat banjir ini.

Menurut Dandim, banjir juga tak hanya melanda di dua desa tersebut. Pada waktu yang bersamaan banjir juga terjadi di Blok Cimoyan, Desa Pagandon Kecamatan Kadipaten. Genangan air mencapai setinggi 30 cm di sekitar pekarangan rumah.

"Untuk banjir di Blok Anjun Desa Kadipaten ada sekitar 10 rumah yang terendam air dengan kedalaman sekitar 1 meter," Ungkap Dandim, Jumat (15/1/2021).

Sedangkan, kata dia, banjir di Blok Duku Domba, Desa Liangjulang ada sekitar 6 rumah yang terendam air dengan kedalaman air sekitar 1 meter.


"Kalau di Blok Cimoyan Desa Pagandon ketinggian air hanya setinggi 30 cm dan itu pun yang terendam hanya perkarangan rumah saja," Katanya.

Sejumlah petugas gabungan dari TNI dan Polri serta BPBD Majalengka berusaha membantu warga terdampak banjir. Bencana alam ini disebabkan oleh luapan air Sungai Ciputis, akibat hujan deras yang terjadi selama beberapa jam. Dan air sudah mulai surut sekitar pukul 01.00 WIB, Jumat (15/1/201) pagi dini hari tadi.

"Kami himbau kepada warga Kabupaten Majalengka, agar tetap waspada dan hati-hati terhadap berbagai bencana alam, mengingat intensitas hujan saat ini masih tinggi. Sehingga perlu kewaspadaan, terutama yang rawan longsor, banjir dan bencana lainnya," Himbaunya. 


Laporan: Wadira
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hujan Semalaman Bikin Sungai Ciputis Meluap, 16 Rumah di Majalengka Terendam Banjir

Iklan


Terkini

Iklan