Iklan

Iklan

KPK-JABAR SETDA Kab.Sukabumi Kunjungi Pemdes Cikujang,Bahas Sinergitas Terkait Tipikor

klikindonesia
6 Des 2020, 22:17 WIB Last Updated 2020-12-06T15:17:38Z

NETSEMBILAN.COM -SUKABUMI //-Komite Pencegahan Korupsi Jawa barat (KPK JABAR) SETDA Kab.Sukabumi merupakan lembaga Independen yang bergerak dalam  bidang Pencegahan tindak Pidana Korupsi Sesuai dengan PP 71 Tahun 2000 Dan PP 43 tahun 2018 tentang Tatacara Pelaksanaan peran serta masyarakat Dan Pemberian Penghargaan dalam Pemberantasan Tipikor.

Silaturahmi anggota KPK-JABAR Setda Kab.Sukabumi dengan Pemdes Cikujang, Kec.Gunung Guruh, Kab.Sukabumi disambut dengan baik dan ramah dirumah kediaman Bu Kades, Pada Kamis ,3 /12/2020.

Redha Saeful Hidayat,S.Ip Memaparkan kepada Awak Media mengenai Kesan pertama yang bisa digambarkan melalui sosok Bu Kades, orangnya sangat welcome dan energik."Sangat luar diusia yang sudah tidak muda Beliau Begitu energik Dan sangat Ramah" reda menjelaska(3/12/2020).


Redha Saeful Hidayat, S.IP memaparkan Kepada Awak media mengenai kegiatan strategi dalam pencegahan  korupsi yang akan menjadi program kerja KPK JABAR.
Ada beberapa strategi yang disampaikan diantaranya :
 
1.Tindakan Preventif 
2.Tindakan Deduktif 
3.Tindakan Represif Tentu saja hal ini akan kami lakukan sebagai langkah atau tindakan untuk program pencegahan tindak pidana Korupsi.

Saat disinggung oleh Awak media mengenai Kompetensi anggota: Redha Saeful  Hidayat,S.IP menjelaskan bahwa Anggota KPK JABAR SETDA Kab.Sukabumi sebagian besar sudah mengikuti berbagai pelatihan terkait penanganan Tipikor, diantaranya mengikuti Diklat Ombudsman, Paralegal, dan e-learning yang diselenggarakan oleh KPK RI, tentunya hal ini menjadi pengetahuan dasar untuk terjun didalam bidang pencegahan Korupsi.

Ketika ditanyakan oleh Awak media alasan  kunjungan ke desa Cikujang, Redapun memaparkan Kades Cikujang (Heni Mulyani) merupakan salah satu kepala desa yang berpengalaman, sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Kepala Desa Cikujang Kecamatan gunung guruh, dan kembali dipercaya masyarakat untuk memimpin Desa Cikujang , tandanya beliau dipercaya, dan kami ingin mendapatkan pengetahuan bagaimana beliau mendapat simpati dan kepercayaan dari masyarakat, karena diakui bahwa itu tidaklah mudah.
Ketika membahas tentang strategi dan langkah dalam pencegahan Tipikor, hal tersebut tentu disambut baik oleh Bu kades (Heni).

Dan yang lebih menarik kata Redha kepada media  Bu Kadespun (Heni Mulyani) menyambut baik maksud Dan tujuan Kedatangan dari KPK JABAR Setda Kabupaten Sukabumi.Kami KPK JABAR akan membangun sinergitas dengan Pemdes Cikujang, dalam hal Edukasi dan pendampingan mengenai pencegahan Tipikor.

Adapun tanggapan Dan harapan 
kades cikujang antara lain kata reda Kepada media:

1. setiap kepala desa harus siap menjalankan amanah yang baik,bukan Berarti saya yang paling benar,setidaknya kita bisa saling mengingatkan untuk kebaikan.

2. Dengan adanya LSM, Media/wartawan, atau Lembaga lainnya sebagai control Sosial, Saya sebagai kepala desa berterima kasih bisa memeberikan edukasi/petunjuk yang sifatnya untuk membangun kebaikan khususnya di desa Kami. Saya ingin adanya sinergitas control Sosial dan saling mengingatkan agar para kepala desa tidak dilema dengan aturan yang Buat Oleh pemerintah itu sendri, dan agar berkah selamat mulus rahayu "Karena tidak Ada permaslahan yang tidak bisa diselesaikan" apalagi dengan aturan sekarang semua harus Ada realisasinya/pertanggung jawaban setiap kegiatan di pemerintahan desa. 

Adapun Program kedepan yang akan dilaksanakan oleh Pemdes Cikujang kata reda ,hasil dari obrolannya dengan kades Cikujang antara lain;

1. Pemdes Cikujang ingin membangun gedung multi-guna bertujuan untuk fasilitas masyrakat seperti kegitan karang taruna, sarana olah raga, serta untuk acara pernikahan Bagi masyrakat khusnya desa Cikujang. 

2. Untuk program Bidang kesehatan alhamdulilah Saya sebagai Ketua forum Rakyak Miskin bersatu kab.sukabumi bertujuan untuk memfasilitasi masyrakat kurang mampu seperti penggunaan kartu Jamkesda,KIS, dengan hal ini masyrakat Cikujang sudah terbiasa untuk kesehatan, dan juga Bidang pendidikanpun dibantu. 

3.Dibidang pariwisata di desa Kami kebetulan Ada "Goa Kuta Maneuh" Dan SETU/ danau sampe sekarang belum Ada realisasi. Yang mana kedepanyan rencana ingin dikembangkan untuk destinasi wisata agar pendapatan asli desa meningkat, serta kesejahteraan masyarakat. Tutur kades (Heni Mulyani) "Bukan berarti Saya ingin menghilangkan para kuncen (Juru Kunci).

Karena kuncen tersebut tidak tau Ada apa permaslahan di palabuhanratu,namun Saya inginkan Goa kuta Maneuh tersebut tertata dengan baik,karena itu merupakan aset desa Cikujang. Agar masyarakat Ada Peningkatan kesejahteraan masyrakat  khusnya desa Cikujang. Tutur kades (Heni Mulyani).

Dan tentu saja aturan pemerintah Harus kita patuhi serta saling mengingatkan agar tidak Ada suap, gratifikasi, dan unsur kepentingan).

Saya fokus sebagai kepala desa Siap 1x24 jam mengayomi untuk pelayanan masyrakat demi kemajuan desa Cikujang agar lebih baik kedepannya. Dan Saya meminta kepada siapapun, maupun Dinas2 terkait agar membantu dan mendukung kemajuan desa Cikujang dalam hal  kesehatan, pendidikan, agar masyarakat kurang mampu terbantu dan jangan sampai dipersulit dalam hal administrasi apalagi untuk masyarakat kurang mampu. Pungkas reda(3/12/2020).

Diakhir Wawancara Redha mengatkan
“Jangan sampai ketidaktahuan mengenai Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dimanfaatkan oleh Oknum tertentu, untuk kepentingan pribadi dan golongannya”.(3/12/2020).

Laporan :E N
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPK-JABAR SETDA Kab.Sukabumi Kunjungi Pemdes Cikujang,Bahas Sinergitas Terkait Tipikor

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->