Iklan

Iklan

Tinjau Lahan Ketahanan Pangan, Kang Jimat Dan Dandim Subang Jalan Kaki 2Km

3 Nov 2020, 06:14 WIB Last Updated 2020-11-03T07:20:11Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Bupati Subang, Haji Ruhimat atau biasa di panggil Kang Jimat, Senin 2 November 2020 siang, bertempat di Bukit Nyomot, setelah menandatangani Kesepakatan Bersama antara Pemda Subang dengan Komando Daerah III Militer III/Siliwangi, didampingi Dandim 0605 Subang, melakukan peninjauan lahan yang akan dimanfaatkan program Ketahanan Pangan,  dalam kegiatan peninjauan tersebut Kang Jimat berjalan kaki didampingi Dandim 0605 Subang, sejauh kurang lebih 2 KM. 

Dandim 0605 Subang dalam kesempatan tersebut menyampaikan pihaknya membantu menyediakan sebanyak 4 unit alat berat untuk membantu Pemkab Subang dalam membuka Cluster pertanian dan peternakan.  Dandim mengatakan lokasi ketahanan pangan tersebut di daerah Serangpajang.

Sebagian di Jambelaer,  lokasinya dibagi menjadi 5  cluster / 5 tempat , ada yang dibuka dengan mekanik ada yang by human, yang menggunakan mekanik Kerjasama langsung Pak Bupati dengan bapak Kasad, dengan luas garapan 4000 Hektar.  

Kang Jimat mengatakan tujuan kerja sama agar para petani mampu meningkatkan kesejahteraan, yang selama ini mengelola sumber daya alam yang statusnya hutan produksi. selama ini pun hutan prodiksi tersebut sudah dikelola oleh para petani yang ada, dari luas wilayah 6000 hektar, namun yang bisa dikelola 4000 hektar.

Kang Jimat mengatakan pihaknya mencoba bagaimana supaya areal tersebut betul-betul bisa meningkatkan dan mampu memudahkan para petani untuk mengolah lahan tersebut.

Sehingga penghasilannya pun dapat meningkat, maka dijadikanlah untuk menjadi Cluster pertanian yang ada di Kabupaten Subang ini, meliputi di belakang Kecamatan Cipeundeuy, di belakang Kecamatan Kalijati, di belakang Kecamatan Dawuan, di belakang Kecamatan serangpanjang, dan meliputi Kecamatan Sagalaherang.

Jadi warga yang ada di sekitar lokasi tersebut dibentuk kelompok-kelompok, sehingga ini akan dioptimalkan untuk mengelola sumber daya alam  oleh sumber daya manusia yang selama ini ada di wilayah tersebut yang selama ini mengelola di lahan tersebut.

Kang Jimat mengatakan Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mampu meningkatkan penghasilannya, sehingga Kang Jimat sejak 4 bulan yang lalu,ini lahan Perhutani ini tentunya harus membutuhkan pengolahan yang betul-betul dibantu oleh alat yang modern,  

Kami mencobala bekerjasama, kami audensi dengan Pak Kasad, tujuannya kami meminta bantuan terkait dalam pengolahan lahan, terbukti hasil pertemuan dengan Pak Kasad, Alhamdulilah dikirimlah oleh Kodam 3 Siliwangi, 4 Excavator untuk membantu para petani, mengelola dan mengolah lahan yang ada di wilayah Perhutani.

Apresiasi dan ucapan terimakasih  dari Kang jimat dan atas nama Pemkab Subang, dengan dibantu TNI, tentunya 
mampu menimbulkan optimisme tersendiri untuk peningkatan pengelolaan lahan supaya lebih mudah.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tinjau Lahan Ketahanan Pangan, Kang Jimat Dan Dandim Subang Jalan Kaki 2Km

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x