Iklan

Iklan

Pemdes Panguragan Lor, Hibur Warganya dengan Hiburan Wayang Kulit

17 Nov 2020, 09:59 WIB Last Updated 2020-11-17T02:59:31Z

CIREBON // - bertempat di aula balai desa pada hari senin (16-11-2020) pemerintah desa (pemdes) Panguragan lor, kecamatan panguragan, kabupaten cirebon, Jawa Barat. menggelar acara sadekah bumi dengan mengadakan pagelaran wayang kulit, dan kedepankan protokol kesehatan. 

Acara sadekah bumi merupakan acara sakral dan permanen,karena acara tersebut di laksanakan setiap tahun dan sipatnya turun temurun,oleh karena itu acara sadekah bumi ini sudah menjadi tradisi masyarakat desa setempat yang harus dilaksanakan. 

Biasanya masyarakat pedesaaan dalam melaksanakan sadekah bumi tersebut, di mana masyarakat telah tiba masa panen padi(pasca  musim panen).

Kuwu desa panguragan lor'WALID SAMSUDIN' mengatakan bahwa acara sadekah bumi yang di laksanakan oleh pemerintah desa dan masyarakat ini, merupakan wujud syukur terhadap tuhan yang maha esa,atas hasil bumi yang di dapat masyarakat kami kususnya,dan bisa juga merupakan pesta rakyat masyarakat desa tersebut,"jelas Walid Samsudin tersebut.

"Esensi dari pada acara sadekah bumi di samping sebagai pelestarian adat istiadat desa/kearipan budaya lokal ,juga bisa sebagai media untuk merekatkan silahturohmi dan tali persaudaraan antar masyarakat,"tegas walid.


Kebudayaan lokal yang dalam hal ini sadekah bumi, harus kita jungjung  dan kita  lestarikan ,karena tradisi semacam ini sudah menjadi barang yang tidak bisa di tawar-tawar lagi,"ujarnya.

"Alkhamdulilah,masyarakat di desa kami sangat guyub dan rukun serta gotong royong ,dalam rangka menjungjung tinggi adat istiadat dari nenek moyang (leluhur) dari masa ke masa,"tandasnya.

Kami berharap pada masyarakat desa panguragan lor kususnya,agar selalu menghidupkan dan melestarikan budaya nenek moyang kita,agar supaya budaya acara sadekah bumi ini tidak hilang,dan kami berharap agar masyarakat kami bisa menghargai budaya leluhur kami yang sudah berjuang untuk menghadirkan  budaya tersebut,"harapnya.


Laporan: Sana
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Panguragan Lor, Hibur Warganya dengan Hiburan Wayang Kulit

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x