Iklan


 

Iklan

Kang Jimat Tinjau Jebolnya TPT Di Desa Darmaga

klikindonesia
4 Nov 2020, 06:41 WIB Last Updated 2020-11-03T23:41:02Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Bupati Subang Haji Ruhimat atau biasa dipanggil Kang jimat, hari Selasa pagi, 3 November 2020 bersilaturahmi dengan warga masyarakat Desa Darmaga Kecamatan Cisalak, dalam rangka mengikuti kegiatan Gorol perbaikan lining irigasi yang terputus karena jebol. 

Kang Jimat yang tiba di desa Darmaga mendapat sambutan yang meriah dari warga yang saat itu sedang bergantian mengangkut batu, satu persatu Kang Jimat menyapa warga  dan melayani permintaan berfoto dari masyarakat. 

Kang Jimat dalam kesempatan tersebut bersama jajaran dan muspika Kecamatan Cisalak, berjalan menyusuri Sungai Irigasi Bantarpanjang dan pematang sawah untuk meninjau lokasi  jebolnya lining irigasi Bantarpanjang. 

Kang Jimat setibanya di lokasi gotong royong yang saat itu akan di pasang bronjong, turut membaur dengan warga masyarakat, memindahkan batu batu secara estafet yang akan di jadikan sebagai tahanan atau penahan dinding lining irigasi. 

Kalak BPBD, H. Hidayat, S.Ag., yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan kegiatan gotong royong yang dilakuksan warga dari Desa Darmaga  dan Desa Cigadog diikuti tidak kurang dari 300 orang. 

Kalak meyampaikan warga masyarakat sangat antusias  mengikuti kegiatan gorol tersebut, mengingat Sungai Irigasi Bantarpanjang cukup vital untuk mengairi sektor pertanian dan perikanan. 

Kang Jimat  dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga bagi seluruh warga desa yang hadir dalam kegiatan Gorol di Sungai Irigasi Bantarpanjang yang mengairi 240 hektar di Desa Darmaga dan Desa Cigadog, kang Jimat merasa bangga akan sikap kegotong royongan warga masyarakat yang tidak membedakan usia, semua kalangan hadir mengikuti kegiatan gotong royong tersebut. 

Setelah meninjau lokasi, Kang Jimat menyampaikan akan turut membantu untuk memperbaiki lining Irigasi tersebut, kang Jimat mengatakan jika dengan menggunakan bronjong akan rentan untuk jenbol kembali. 

Kang Jimat merekomendasikan 3 titik yang jebol untuk segera di cor, agar memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan bronjong. 

Kang Jimat siap menurunkan biaya untuk pengecoran. 

Mengingat  lining irigasi tersebut sangat penting untuk tetap mempertahankan produksi ketahanan pangan.  

Meskipun akan dicor, Kang Jimat meminta warga masyarakat untuk tetap membantu. 

Kang jimat menyampaikan keprihatinannya atas longsor yang menyebabkan terputusnya saluran lining irigasi, sehingga pengairan petani ikan dan sawah seluas 100 hektar lebih terputus. 

Kang Jimat meminta kepada seluruh warga masyarakat yang hadir agar dapat mengantisipasi cuaca yang saat ini mulai masuk musim penghujan, yang tentunya dengan intensitas curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan longsor maupun banjir. 

Kang jimat berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi satu solusi untuk meringankan bencana yang terjadi di saluran irigasi bantarpanjang Darmaga. 

Dalam kesempatan tersebut, Kang Jimat menyerahkan masker secara simbolis yang diberikan kepada salah satu warga yang mengikuti kegiatan Gorol. 

Seraya mengingatkan agar terus menggunakan  masker.

Hadir dalam kesempatan tersebut anggota Dewan Kabupaten Subang, Hendra Purnawan, Kalak BPBD, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Camat Cisalak, Danramil Tanjungsiang, Kepala Desa Darmaga dan Kepala Desa Cigadog, Babinsa dan Babinkamtibmas Cisalak dan para Penyuluh Pertanian Desa Darmaga.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kang Jimat Tinjau Jebolnya TPT Di Desa Darmaga

Iklan


Terkini

Iklan