Iklan


 

Iklan

Di Wawancara TVRI Kang Jimat Bilang Gini Soal Resi Gudang

klikindonesia
12 Nov 2020, 23:09 WIB Last Updated 2020-11-12T16:09:45Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Bupati Subang, Haji Ruhimat atau biasa dipanggil Kang Jimat, hari Kamis  12 November 2020, menjawab pertanyaan terkait Sistem Resi Gudang pada sesi wawancara dengan  TVRI Jabar dan RRI.

Dalam kegiatan wawancara tersebut terungkap bahwa perkembangan SRG di Kabupaten Subang ada 7 yang sudah berizin dan bahkan ada dua gudang swasta yang saat ini sedang proses perizinan. 

Kang Jimat mengatakan pada masa pandemi covid-19 pemanfaatan resi gudang oleh para petani  sangat signifikan. 

Saat ini pelaksanaan SRG di Kabupaten Subang terkendala di SDM pengelola SRG sehingga perlu penguatan internal bagi pengelola SRG. selain itu sarana prasarana yang sesuai dengan situasi dan perkembangan saat ini yang serba online sehingga membutuhkan teknologi yang lebih menunjang layanan SRG. 

Kabupaten Subang mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah pusat melalui fasilitasi pembangunan gedung untuk komoditas ikan dan fasilitasi ekspor produk SRG kopi karena Kabupaten Subang memiliki potensi tersebut.

Ketika ditanya terkait bagaimana Pemda Kabupaten Subang melakukan edukasi kepada masyarakat agar pengetahuan dan pemahaman mereka terkait SRG menjadi lebih baik, Kang Jimat mengatakan dengan cara membangun sumber daya pengolahan gudang SRG melalui penguatan para pengelola dan pelatihan serta penguatan jaringan, selain itu membangun kekuatan internal pengelola gudang SRG dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan juga menjaga mutu barang di gudang SRG. 

Kemudian membangun kekuatan partisipasi penyimpan dengan terus melakukan sosialisasi kepada petani untuk menyimpan di SRG dengan harapan dapat menaikkan posisi tawar petani.

Kang Jimat berharap baik provinsi atau BAPPEPTI dapat memfasilitasi Subang agar memiliki pasar lelang yang dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan komoditi yang disimpan di gudang SRG yang sudah jatuh tempo atau habis serta dapat melakukan promosi ke kabupaten kota yang ada di pulau Jawa bahkan nasional. 

Untuk petani komoditi kopi bisa menyimpan di gudang SRG Subang yaitu di koperasi jujur Berkah yang ada di kecamatan Cisalak.  SRG tersebut merupakan gudang swasta yang sudah bisa melakukan ekspor ke timur tengah.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Di Wawancara TVRI Kang Jimat Bilang Gini Soal Resi Gudang

Iklan


Terkini

Iklan