Iklan

Iklan

Penyerahan Secara Simbolis Cator Sampah Bagi Desa Unggulan Disaksikan Kang Jimat

15 Okt 2020, 13:57 WIB Last Updated 2020-10-15T06:57:22Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Bupati Subang, H. Ruhimat, Kang Jimat, sapaan akrabnya, rabu sore, 14 Oktober 2020, menghadiri kegiatan penyerahan simbolis motor roda tiga dan Gerobag sampah dorong, sebagai program pengelolaan Sampah dengan Sistem 3R. 

Penyerahan bantuan tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dengan Saemaul Globalization Foundation (SGF) dalam kerjasama pengembangan program pengelolaan Sampah dengan Sistem 3R yang telah berjalan. 

Sebagai informasi Saemaul Globalization Foundation adalah yayasan nirlaba yang didirikan di Provinsi Gyeongsangbukdo Korea Selatan pada tahun 2013,  tahun 2015, dibuka kantor perwakilan di Indonesia, dan maret 2016 dibentuk Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI). 

Saat ini YGSI sedang melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Subang, Jawa Barat dengan menerapakan konsep Saemaul Undong Korea Selatan yang disesuaikan dengan situasi di Indonesia.

Ibu Pradita Nurmaya Kusuma perwakilan dari Yayasan Saemaul Globalization Foundation Indonesia menyampaikan, pihaknya dari bulan Januari hingga Juli telah melaksanakan monitoring ke 30 Desa/Kelurahan, akhirnya nantinya akan terpilih 5 desa untuk mendapatkan TPS 3R. 

Pada kesempatan saat ini akan disalurkan 15 Cator dan Gerobak dorong untuk Desa ungulan. 

Kang Jimat dalam kesempatan penyerahan bantuan hibah tersebut menyampaikan, semoga bantuan cator ini membawa manfaat untuk pengelolaan sampah di Kabupaten Subang.

Kang jimat berharap sinergi atau kerjasama dengan Kota gimcheon, maupun  program Saemaul Undong dapat terus dilanjutkan pada kesempatan yang akan datang. 

Kang Jimat mengatakan atas nama pemerintah menghaturkan terimakasih. Mudah mudahan permasalahan sampah dapat terbantu dengan adanya bantuan hibah ini, dapat memaksimalkan kinerja para aparatur desa dan masyarakat dalam mengelola sampah. 

Kang Jimat menghimbau kepada kepala Desa, masalah sampah tidak akan selesai kalau hanya dikerjakan oleh pihak Pemkab Subang, untuk itu  dibutuhkan peran serta Desa untuk mengurangi beban sampah yang tiap hari masuk ke TPA Panembong, dengan  skema 3R.   

Dengan adanya bantuan ini semoga bisa dijadikan motivasi masyarakat untuk mengelola sampah dengan konsep 3R.  


Selain menyerahkan satu persatu  bantuan hibah kepada 15 Desa/Kelurahan, Kang Jimat juga menandatangani berita acara serah terima hibah dari Yayasan Saemaul Globalization Foundation Indonesia kepada Desa / kelurahan penerima. 

Adapun desa penerima bantuan hibah motor roda tiga yaitu, Desa Sukaraja Kecamatan Sukasari. Desa Rancasari Kecamatan Pamanukan, Desa Pamanukan Kecamatan Pamanukan, Desa Wantilan Kecamatan Cipeundeuy, Desa Rancabango Kecamatan patokbesi, Desa belendung Kecamatan Purwadadi, Desa Blimbing Kecamatan Pagaden Barat, Kelurahan Dangdeur Kabupaten Subang, Desa Rawa Lele Kecamatan Dawuan, Desa Kertajaya Kecamatan tambakdahan, Desa Gardu Mukti Kecamatan tambakdahan, Desa Cibogo Kecamatan Cibogo, Desa Gunung Tua Kecamatan Cijambe, Desa Leles Kecamatan Sagalaherang, dan Desa Nagrak Kecamatan Ciater.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asda 1, Setda Subang, Kadis LH beserta jajaran, Kadispemdes beserta jajaran.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penyerahan Secara Simbolis Cator Sampah Bagi Desa Unggulan Disaksikan Kang Jimat

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x