Ratusan KPM Warga Desa Sukakerta Menerima Uang BLT
Cari Berita

Advertisement

Ratusan KPM Warga Desa Sukakerta Menerima Uang BLT

July 9, 2020


(foto/mt/netsembilan)

NET 9 | CIANJUR - Sebanyak 235 keluarga penerima manfaat (KPM) khususnya warga tidak mampu di Desa Sukakerta, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menerima bantuan langsung tunai (BLT) duit Rp600 ribu per orang.

Batuan tersebut, bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahap dua. Disalurkan melalui salah satu bank, secara langsung kepada para KPM.

Kepala Desa (Kades) Sukakerta, Rudi H membenarkan, saat ini menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga tak mampu  Jumlah total penerimaan itu ada sekitar 235 KPM. Dimana penerima manfaat itu dapat Rp600 ribu, per orang.

"Alhamdulillah, dana tersebut itu bisa disalurkan melaui pihak bank secara langsung kepada penerimanya," katanya saat ditemui langsung, Kamis (9/7/2020) siang.

Pihaknya menyampaikan, adapun dana tersebut bersumber dari dana desa DD), untuk penanggulangan Covid-19, dan merujuk pada Permendagri, bahwa menganggarkan untuk enam bulan. Dan, tiga bulan selanjutnya ke depan itu Rp300 ribu.


"Nah, sekarang kita masuk tahap dua
 Lalu, berikutnya mudah-mudahan bulan depan bisa keluar lagi itu tahap tiga," ujar Rudi.

Kades berharap, dengan adanya bantuan tersebut bisa bermanfaat dan dipergunakan  sebaik mungkin. Artinya, bisa membantu masyarakat yang kurang mampu, yang belum menerima bantaun. Baik itu dari PKH, Kemensos RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov).

"Karena sasarannya memang kita adalah KPM, yang mendapat bantuan sosial dari BLT saat ini," jelas Kades Sukakerta.

Terakhir, Rudi menambahkan, kucuran bantuan dana desa (DD) itu bukan hanya BLT saja. Sebelumnya sudah diterapkan sebagain ke fisik yaitu melalui pembangunan infrastruktur (jalan) dan tembok penahan tanah (TPT). 

"Nah, saat ini selebihnya kita fokus dulu ke BLT," pungkasnya.(mt/red)