Pemkab Purwakarta Buka Penerapan PSBM Sektor Pariwisata
Cari Berita

Advertisement

Pemkab Purwakarta Buka Penerapan PSBM Sektor Pariwisata

July 5, 2020


(Poto/Saepul/netsembilan)

NET 9 |Purwakarta - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melakukan inspeksi atau monitoring dan evaluasi tempat wisata dan rumah makan di Kabupaten Purwakarta yang dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 5 Juli 2020 dalam rangka pencegahan penanganan penyebaran Covid-19.

Hal tersebut dilakukan bedasarkan surat edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta nomor 033/GUGUSTUGASCOVID-19/VI/2020 tanggal 12 Juni 2020 perihal pemberitahuan penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Micro (PSBM) di Sektor Jasa Usaha Pariwisata.

“Untuk hari ini kami memantau langsung ke lokasi, apakah semua pengelola wisata se Kabupaten Purwakarta sesuai dengan komitmen atau MOU yang sudah ditandatangani bersama dan untuk hari ini kami berada di Cikao Park untuk melihat apakah sudah diterapkan protokol kesehatan.” Ujar Anne di lokasi wisata Cikao Park, Minggu (5/7/2020).

“Alhamdulilah kami langsung diterima oleh Jo Thiong Hin (Ahin) pemilik dari Cikao Park bahkan kami langsung melihat wahana air untuk mengecek penerapan protokol kesehantan ternyata untuk di Cikao Park sudah dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Dikatakanya, protokol kesehatan yang sudah diterapkan diantaranya tempat cuci tangan (Wastafel) sudah dipasang ditempat-tempat pintu masuk (startegis), alat pengukur suhu (Termometer) sudah tersedia dan arahan menggunakan masker juga sudah dilaksanakan oleh pihak pengelola bahkan kami juga mengecek kualitas air yang digunakan di Cikao Park sudah baik.

“Jadi kami berharap semua tempat wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta harus menerapkan protokol kesehatan karena ini salah satu upaya pencegahan penanganan penyebaran Covid-19,” Tandasnya.

Terpisah Direktur Cikao Park Aprijal Hadi saat ditemui menambahkan, kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Purwakarta Ibu Anne Ratna Mustika yang sudah bekunjung ke wisata Cikao Park bersama tim Gugus Tugas Covid-19 ini salah satu perhatian terhadap jasa usaha pariwisata yang ada di Kabupaten Purwakarta.”

Bahwa dalam segi kesiapan pihak Cikao Park jauh-jauh hari sudah menyiapkan fasilitas cuci tangan, baik cairan disinfektan di Wisata Air, taman bermain anak, ataupun di setiap tempat yang menjadi wahana hiburan dan fasilitas umum lainnya, mulai dari hand sanitizer ataupun wastafel dilengkapi sarana pra sarana lainnya yang berkaitan dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Kami juga akan terapkan aturan wajib masker dan pengecekan suhu tubuh, melakukan penyemprotan disinfektan berkala kepada setiap kendaraan yang memasuki area wisata, dan pemasangan papan informasi ataupun himbauan kepada wisatawan untuk tetap menjaga jarak dan tetap patuhi aturan yang berlaku,” pungkasnya. (Saepul)