Wakil Bupati Apresiasi HIPMI, Pemerintah Akan Dorong Para Pemuda Yang Mandiri
Cari Berita

Advertisement

Wakil Bupati Apresiasi HIPMI, Pemerintah Akan Dorong Para Pemuda Yang Mandiri

January 29, 2020


NET 9 | PURWAKARTA  
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Purwakarta melaksanakan Forum Bisnis Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab) dan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) 2020 yang berlangsung di Meeting Room Kampung Empang Jalan Pramuka Desa Bunder Kecamatan Jatiluhur Purwakarta.

Diketahui kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Purwakarta, H Aming, pada Rabu (29/1).

Wakil Bupati Purwakarta, H Aming mengapreasiasi HIPMI Kabupaten Purwakarta yang telah bekerja keras sehingga dapat menyelenggarakan Forum Bisnis Diklatcab dan Rakercab DPC Hipmi Kabupaten Purwakarta tahun 2020.

"HIPMI mempunyai potensi yang luar biasa, karena HIPMI merupakan sebuah wadah tempat berkumpulnya pengusaha muda yang kreatif, dalam  menumbuhkan jiwa kewirausahaan,"jelasnya.

Lebih jauh, H. Aming mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Purwakarta sangat mendukung kegiatan wirausaha yang dilakukan kalangan anak muda. Karena itu Pemerintah akan selalu mendorong pemuda untuk mandiri, terutama disektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bisa menyerap tenaga kerja untuk menekan anggka pengangguran khususnya di Kabupaten Purwakarta.

Wakil Bupati Purwakarta berharap HIPMI bisa memajukan perekonomian dengan cara menggandeng para pelaku UKM dalam usaha mereka.

Ketua HIPMI Kabupaten Purwakarta Irsan Jaelani, M.Kom dalam sambutannya mengatakan bawa ini adalah momen yang sangat baik untuk kita saling bersilaturahmi, berkolaborasi antara stakeholder mulai dari pemerintah, swasta, serta para pengusaha khususnya yang ada di Purwakarta.

"Kegiatan ini juga merupakan sebuah perwujudan komitmen kami dalam menjalankan amanah sebagai pengurus HIPMI", ungkapnya.

Menurutnya, saat ini tengah menghadapi transisi pergeseran jaman yang kita kenal dengan revolusi industri 4.0. Tidak sedikit para pengusaha yang tidak siap dengan perubahan ini yang pada akhirnya harus gulung tikar. 

"Sebagian yang lainnya merasakan dampak yang sebaliknya dengan munculnya berbagai macam industry baru dengan inovasi dari pemanfaatan teknologi", katanya.

Kondisi ini, lanjutnya bisa jadi ancaman, tantangan bahkan menjadi peluang tergantung bagaimana kita menyikapinya. 

"Pada situasi ini Hipmi sebagai sebuah organisasi para pengusaha muda yang memiliki jiwa muda pastinya harus berperan sebagai penggerak yang siap dalam menghadapi era disruptif technology dan inovasi," jelasnya.


Lebih jauh, Saat ini bukan jamannya lagi bertanding dan bersaing tapi kita harus berkolaborasi untuk sama-sama dalam mewujudkan setiap tujuan kita. 

"Kuncinya saat ini adalah inovasi. Semakin kita banyak berinovasi maka semakin 
banyak peluang yang didapatkan.
Mudah-mudahan Hipmi kedepannya dapat berperan aktif dalam memperjuangkan para pengusaha sesuai dengan jargonnya pejuang pengusaha, pengusaha pejuang dengan program-program yang dibuat",tuturnya.

Masih kata Irsan, bahwa ini semua adalah PR yang tidak mudah untuk menjalankan program kedepan. Tapi saya yakin dengan kita bersama-sama dan berkolaborasi, tugas-tugas tersebut tidak mustahil untuk dengan mudah terwujudkan.

Sementara ditemui disela-sela kegiatan, Randy wiguna sudrajat selaku Bidang Kompartemen Lingkungan hidup DPC HIPMI Purwakarta mengatakan bahwa HIPMI kedepanya dalam setiap proker mengedepankan menggali potensi potensi yang dapat digali di setiap daerah.

"Sehingga nantinya dari peluang peluang usaha berjalan tercipta lapangan pekerjaan yg pada output nya HIPMI Berperan untuk menekan tingkat pengangguran," tuturnya. 

Laporan : Teguh