Menjaga Banjir di Musim Hujan, Batalyon Armed 9 Bersama Masyarakat Bersihkan Lingkungan Sekitar
Cari Berita

Advertisement

Menjaga Banjir di Musim Hujan, Batalyon Armed 9 Bersama Masyarakat Bersihkan Lingkungan Sekitar

January 5, 2020

Foto : Prajurit TNI AD dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad bersama masyarakat membersihkan sampah di sungai, selokan dan saluran air

NET 9 | PURWAKARTA 
Dalam rangka mengantisipasi dampak banjir akibat tingginya intensitas curah hujan di beberapa wilayah Kabupaten Purwakarta, Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad bersama masyarakat di Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta membersihkan selokan dan lingkungan sekitar, Pada Minggu (5/1/2020).

Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk memmbangkitkan kesadaran para anggota TNI juga masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. 

Terlebih, kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi, dengan tingginya intensitas hujan, membuat rerumputan dan ilalang tumbuh subur menutupi jalan serta menyumbat saluran air.


"Melihat kondisi tersebut, timbul inisiatif kita untuk melakukan kerja bakti bersama membersihkan sektor umum pembersihan selokan, pengerukan kali dan bersihkan gorong-gorong agar air tidak tersumbat. Ini kita lakukan dalam upaya mencegah banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di Purwakarta," ungkap Andi.

Walaupun dengan kondisi peralatan seadanya, tidak menyurutkan semangat anggota dengan warga untuk melakukan kegiatan karya bakti bersama.

"Kita maksimalkan dengan alat seadanya, kita gunakan parang milik pribadi untuk memotong rumput-rumput dan cangkul untuk mengeruk sampah dari saluran air," katanya.

Ditambahkan Andi, aksi itu sebagai bentuk kepedulian TNI pada lingkungan, sekaligus menjadi teladan bagi masyarakat agar mau terjun ke sungai, saluran air, dan selokan membersihkan sampah.


"Lebih dari itu, untuk menggugah kesadaran warga agar tak buang sampah di aliran sungai. “Ini menggiatkan antisipasi banjir dan nyamuk,” pungkasnya. 

Laporan : Teguh