Gelar Apel Gabungan, Dalam Siaga Bencana Alam, Ini Pesan Dari Kadis Damkar
Cari Berita

Advertisement

Gelar Apel Gabungan, Dalam Siaga Bencana Alam, Ini Pesan Dari Kadis Damkar

January 2, 2020


NET 9 | PURWAKARTA
Apel Gabungan TNI Polri dan Damkar Purwakarta dalam hal siaga bencana alam polres Purwakarta, di halaman Mako Polres Purwakarta dipimpin Kapolres Purwakarta AKBP Matrius yang diwakili oleh Waka Polres Purwakarta, Kompol Ijang, Kamis (2/1).

Dalam penyampaiannya, Ijang mengatakan bahwa gelar apel ini merupakan antisipasi dari bencana alam di musim penghujan, seperti bajir, tanah longsor, dan bencana lainnya untuk selalu siaga.

Sementara, Kadis Damkar Wieby ketika diwawancara usai kegiatan, mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang karena banjir yang diakibatkan oleh ulah manusia menurut pendapatnya.

"Kalau udah terjadi banjir nanti Pemerintah yang disalahkan, padahal itu ulah manusia, aliran sungai yang tadinya besar itu jadinya dipersempit oleh sampah" katanya.

Untuk banjir yang terjadi di kota itu diakibatkan oleh peyempitan got yang mampet karena sampah sehingga menyebabkan banjir.


Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli bencana ini, supaya tidak terjadi bencana.

Sebelum Purwakarta sempat terjadi banjir dibeberapa titik di Purwakarta, untuk bajir yang terjadi masyarakat tidak diunsikan.

Menurut Wieby, kerugian dari kejadian banjir dan longsor di Purwakarta secara materi belum terhitung karena warga tidak ada laporan kerugian yang dialami. 

Pihaknya menyiapkan petugas 24 jam untuk siaga bencana alam, dan selalu mengupdate situasi dari BMKG untuk mengetahui situasi diwilayah Purwakarta. 

Laporan : Teguh