Iklan


 

Iklan

Tinjau Bangunan Peninggalan Belanda Yang Terbengkalai di Cupunagara, Pemda Siap Jadikan Obyek Wisata Sejarah

klikindonesia
7 Okt 2021, 06:24 WIB Last Updated 2021-10-06T23:24:05Z


NETSEMBILAN.COM - - Bupati Subang H. Ruhimat yang akrab disapa kang Jimat melakukan peninjauan  ke sebuah bangunan bersejarah berupa rumah peninggalan belanda di perbukitan kebun teh kawasan eco wisata kampung Bunikasih desa Cupunagara Kecamatan Cisalak, Rabu (6/10/2021).


Rumah peninggalan belanda yang dibangun tahun 1930 tersebut tampak masih kokoh namun terbengkalai dan tak terurus, sebagian atap bangunan sudah rusak dan dikelilingi oleh semak belukar. Adapun status bangunan tersebut berada di atas lahan milik PTPN VIII.


Melihat kondisi tersebut kang Jimat merasa prihatin dan merasa perlu adanya upaya pelestarian bangunan bersejarah agar masyarakat Subang tidak kehilangan hal yang berharga yaitu sejarahnya.


Dirinya berinisiatif akan melakukan renovasi bangunan dan  melalui dinas terkait pemerintah Kabupaten Subang akan mengajukan permohonan pengelolaan bangunan serta wilayah sekitarnya kepada PTPN VIII untuk dijadikan kawasan wisata sejarah di Kabupaten Subang terutama di desa Cupunagara kecamatan Cisalak.


Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Subang untuk melestarikan bangunan bersejarah serta menjaga nilai-nilai sejarah agar tetap dikenang dan diketahui antar generasi tentang sejarah Subang. "Begitu sayang sekali bangunan yang berdiri sejak tahun 1930 terbengkalai tidak terurus, pemda akan upayakan melestarikan bangunan bersejarah dikawasan ini semoga Allah mempermudah langkah dan meridhoi usaha kita semua" ujar kang Jimat


Turut hadir dalam peninjauan tersebut ketua TP. PKK Kabupaten Subang sekaligus Istri Bupati Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Sekda Subang H. Asep Nuroni beserta istri, Asda I H. Rahmat Effendi, Asd II dr. Nunung Syuhaeri, kepala DLH Subang Rona Mairansyah, Kasatpoldam Dikdik Solihin, kepala desa Cupunagara Wahidin Hidayat serta komunitas motor brotherhood peduli lingkungan dan sejarah( jay )

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tinjau Bangunan Peninggalan Belanda Yang Terbengkalai di Cupunagara, Pemda Siap Jadikan Obyek Wisata Sejarah

Iklan


Terkini

Iklan