Iklan

Iklan

Hari Kedua Vaksinasi Massal Polresta Cirebon Disambut Antusiasme Warga

klikindonesia
9 Okt 2021, 14:23 WIB Last Updated 2021-10-09T07:23:12Z

NET.SEMBILAN.COM-CIREBON - Pelaksanaan hari kedua vaksinasi Covid-19 secara massal Polresta Cirebon disambut antusiasme warga. Mereka berdatangan sejak Sabtu (9/10/2021) pagi di tiga lokasi vaksinasi yang ditentukan.

Di antaranya, GOR Desa Sampiran Kecamatan Talun, Kantor Kecamatan Babakan, dan Kantor Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan berbagai pihak dari mulai Dinkes, puskesmas, rumah sakit se-Kabupaten Cirebon, AKABRI 1999 Peduli, dan lainnya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, didampingi Wakapolresta Cirebon, AKBP Teguh Triwantoro, S.I.K, M.H, beserta para PJU Polresta Cirebon meninjau pelaksanaan vaksinasi massal tersebut.

"Vaksinasi ini diselenggarakan serentak di Cirebon timur, tengah, dan barat. Dalam kegiatan ini, kami melibatkan para tenaga kesehatan dari rumah sakit di Kabupaten Cirebon sebagai vaksinatornya," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia mengatakan, setiap lokasi vaksinasi massal tersebut ditargetkan diikuti oleh 2000 warga sehingga total targetnya mencapai 6000 orang. Sehingga selama dua hari pelaksanaan ditargetkan sebanyak 12 ribu warga mengikuti vaksinasi.

Pihaknya sengaja menggelar vaksinasi di lokasi yang berbeda sehingga jangkauannya lebih luas. Selain itu, Polresta Cirebon juga mengadakan vaksinasi khusus lansia di desa-desa se-Kabupaten Cirebon.

"Kami melibatkan bidan desa atau tenaga kesehatan desa dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa untuk menyasar para lansia di desa binaannya agar dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 di desanya masing-masing," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Pihaknya juga mengadakan vaksinasi dalam rangka persiapan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak yang berlangsung pada November 2021. Kegiatan tersebut diselenggarakan serentak di 60 puskesmas se-Kabupaten Cirebon.


Ia sengaja memilih desa-desa yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa sebagai lokasi vaksinasi. Selain itu, hal tersebut menjadi terobosan Polresta Cirebon untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di desa yang menggelar pilwu.

Pasalnya, vaksinasi diharapkan membuat kekebalan kelompok telah terbentuk. Sehingga gelaran pilwu serentak tidak berimbas pada peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

"Seluruh vaksinasi kali ini ini dalam rangka akselerasi terbentuknya herd immunity masyarakat Kabupaten Cirebon. Agar pandemi Covid-19 yang hingga kini masih melanda segera berakhir," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Namun, ia berpesan kepada seluruh warga yang telah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, vaksinasi bukan jaminan membuat kebal dari Covid-19 sehingga mereka masih mempunyai kemungkinkan terpapar.

"Kami mengimbau agar protokol kesehatan selalu diterapkan setiap saat, bahkan jika perlu diperketat lagi. Dari mulai memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.


Laporan : SRN
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hari Kedua Vaksinasi Massal Polresta Cirebon Disambut Antusiasme Warga

Terkini

Iklan

Close x