Iklan

Iklan

Desa Sindangkasih Kecamatan Beber Siap Ikuti Lomba PKK Tingkat Provinsi Jabar

klikindonesia
5 Okt 2021, 18:29 WIB Last Updated 2021-10-05T11:29:35Z

NET9.COM | CIREBON.- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si melakukan monitoring Kesrak PKK tingkat Kabupaten Cirebon di Desa Sindangkasih Kecamatan Beber, Selasa (5/10/2021). 

Menurut Ayu Sapaan akrabnya, kedatangannya untuk melihat kesiapan Desa Sindangkasih untuk mengikuti lomba PKK tingkat Provinsi Jabar. 

"Kalau ada kendala dalam persiapan lomba mumpung ada saya (Wabup, Red), karena saya selaku penasehat TP PKK, sehingga saya bisa intervensi dinas untuk membantu program ini," katanya. 


Ayu mengatakan, program TP PKK Kabupaten Cirebon dilakukan setiap tahun. Seharusnya sudah mempunyai anggaran sendiri. 

"Program di TP PKK Kabupaten Cirebon harus dimasukan dalam anggaran dinas jangan sampai situasi pandemi ini kebinggungan mencari anggaran. Padahal, ini program tahunan seperti contoh program PKK P2WKSS harus dianggarakan jangan tidak. Karena kalau tidak didorong dengan anggaran, sebaik apapun desanya tidak maksimal programnya," kata Wabup Ayu. 

Ia mengajak, semua elemen untuk ikut berpartisipasi dalam lomba PKK tingkat Provinsi Jabar. Sebab, Desa Sindangkasih Kecamatan Beber ini mewakili Kabupaten Cirebon untuk tingkat Provinsi. 

"Butuh gotong royong semua pihak baik TP PKK, pemerintah daerah, kecamatan, desa dan masyarakat. Bukan hanya kemenangan yang kita rebut tetapi hasil dari program ini apa ke depanya," kata Ayu. 

Maka dari itu, lanjut Ayu, harus diutamakan semangat gotong royong di antara TP PKK. Karena TP PKK notabenenya ada di barisan terdepan untuk edukasi masyarakat. 

"Bagaimana masyarakatnya bisa cerdas, pintar, mandiri. Karena sesungguhnya perempuan menjadi barisan paling terdepan untuk menjadi suatu daerah menjadi maju. Karena pendidikan awal pertama kali ada di seorang perempuan," katanya. 


Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon, Hj Nunung Roosmini Imron berharap, inovasi yang ada di Desa Sindangkasih yang sudah ada setiap kategori tetap dilaksanakan sebaik mungkin. Sebab, hal tersebut akan menambah nilai saat tim melakukan  monitoring Lomba PKK tingkat Provinsi Jabar. 

"Laporan yang sudah dibuat TP PKK Desa Sindangkasih agar betul-betul dipahami kader. Karena penilaian dari tim provinsi mengacu pada laporan tersebut," katanya. 

Nunung mengimbau kepada masyarakat dan TP PKK Desa Sindangkasih agar selalu memerhatikan kebersihan lingkungan, khususnya lokasi lokasi yang akan dikunjungi  tim Jabar karena akan menambah penilaian dalam kegiatan lomba ini. 

"Semoga Desa Sindangkasih bisa memperoleh nilai yang baik dan menjadi juara pertama Lomba PKK tingkat Provinsi Jawa Barat, " katanya.

Di tempat yang sama, Kuwu Desa Sindangkasih Kecamatan Beber,  Agus Sugiarto mengatakan, Desa Sindangkasih merupakan perwakilan Kabupaten Cirebon untuk mengikuti lomba PKK tingkat Provinsi Jabar. 

Menurutnya, perjalanan untuk bisa mewakili Kabupaten Cirebon ke tingkat Provinsi Jabar butuh perjuangan yang amat panjang. 

"Kami mengikuti seleksi dari tingkat kecamatan dan bisa masuk enam besar, dan bisa mewakili ke tingkat Provinsi Jabar. Ini merupakan torehan prestasi yang tidak terduga," katanya. (DISKOMINFO)



Laporan : SRN
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Sindangkasih Kecamatan Beber Siap Ikuti Lomba PKK Tingkat Provinsi Jabar

Terkini

Iklan

Close x