Iklan

Iklan

VAKSINASI MERDEKA SERENTAK SASARAN RUMAH IBADAH DAN PONDOK PESANTREN DI PURWAKARTA.

klikindonesia
7 Sep 2021, 18:02 WIB Last Updated 2021-09-07T11:02:03Z


PURWAKARTA -Net 9 com                   Vaksinasi Merdeka bersama rumah ibadah dan pondok pesantren (ponpes) secara serentak di seluruh Indonesia, Selasa (7/9/2021).

Presiden Indonesia Joko Widodo didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau gelaran vaksinasi ini secara virtual dari Pondok Pesantren KH Syamsudin, Durisawo, Ponorogo, Jawa Timur. 

Di Kabupaten Purwakarta, vaksinasi serentak di pesantren dan rumah ibadah di gelar di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah (Cipulus), Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana bersama Forkopimda Purwakarta dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah mengikuti rangkaian acara vaksinasi merdeka serentak itu. Termasuk, melalui video conference yang dibuka Presiden Joko Widodo di Ponorogo itu.

AKBP Ali Wardana mengatakan pihaknya menyediakan 1.200 dosis vaksin Covid-19 pada vaksinasi serentak di Ponpes Al-Hikamussalafiyah Cipulus ini

"Gerakan masif vaksinasi serentak yang dicanangkan Bapak Presiden ini sebagai upaya mempercepat memutus mata rantai Covid-19 dan membentuk herd immunity bagi masyarakat. Kali ini menyasar pesantren dan rumah ibadah. Yang sudah mulai berjalan pendidikan dan ibadah tatap muka," ucap AKBP Ali, usai memantau vaksinasi para santri, pengurus ponpes dan warga sekitar ponpes Al-Hikamussalafiyah Cipulus, Pada Selasa (7/9/2021).

Kapolres menjelaskan Polri, bersama TNI dan elemen masyarakat terkait lainnya bakal terus berupaya maksimal menekan laju penyebaran Covid-19. Seperti halnya melalui percepatan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan dengan menggandeng berbagai kalangan.

"Termasuk kalangan komunitas. Baik di pesantren, tempat ibadah, mahasiswa, pelajar dan lainnya," imbuhnya.

Sebelumnya, AKBP Ali menambahkan, untuk di Kabupaten Purwakarta, Polres Purwakarta juga melakukan vaksinasi  di Pondok Pesantren Al-Manar, Kelurahan Sindangkasih, Kabupaten Purwakarta.


"Kita sudah lakukan juga vaksinasi untuk 998 orang di Pondok Pesantren Al-Manar Purwakarta. Dan sesuai arahan Pak Kapolri, vaksinasi merdeka yang merangkul tokoh-tokoh agama dan santri diharapkan dapat menjadi Getok Tular kepada keluarga, tetangga, teman-teman, dan komunitas di lingkungannya. Sehingga masyarakat tidak ragu-ragu dalam mengikuti program vaksinasi," tutur AKBP Ali.

Selain itu, lanjut AKBP Ali, pelaksanaan program vaksinasi di rumah ibadah juga bertujuan untuk revitalisasi rumah ibadah sebagai fungsi sosial.

Pasalnya, sambung dia, Rumah ibadah pada hakekatnya memiliki fungsi membimbing perilaku jamaahnya dalam tatanan kehidupan sosial termasuk dalam pencegahan penularan Covid-19

"Kami yakin wabah Covid-19 harus dilawan bersama-sama. Yakni dengan mensukseskan vaksinasi serentak di seluruh lapisan masyarakat dan mematuhi peraturan protokol kesehatan. Semoga dengan ikhtiar baik dan cepat ini, semua diberi kesehatan di tengah mulai kembalinya pendidikan maupun ibadah tatap muka," ucapnya.


Tak Lupa, AKBP Ali Wardana juga berpesan, agar pandemi covid-19 ini segara berakhir tentunya hal ini disertai dengan kepatuhan masyarakat Purwakarta terhadap protokol kesehatan.

"Protokol kesehatannya jangan lupa, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Dengan demikian, tujuan Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045 dapat terwujud," tandasnya. ( P toto N ).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • VAKSINASI MERDEKA SERENTAK SASARAN RUMAH IBADAH DAN PONDOK PESANTREN DI PURWAKARTA.

Terkini

Iklan

Close x